10 Hal Tidak Boleh Dilakukan Setelah Makan Malam

10 Hal Tidak Boleh Dilakukan Setelah Makan Malam

0 158

Kita percaya bahwa mengkonsumsi buah-buahan sangat baik bagi kesehatan. Namun, mengkonsumsi buah setelah makan justru dapat menyebabkan kembung. Makanan yang masuk dalam tubuh harus dicerna dalam perut, sehingga buah yang masuk akan lama memasuki sistem pencernaan. Hal ini menyebabkan proses penghancuran tertunda dan akhirnya menganggu proses pencernaan secara keseluruhan.

Berjalan-jalan langsung setelah makan dapat menunda proses pencernaan, karena aliran darah langsung mengalir ke tubuh, kaki, dll. Berjalan-jalan juga menyebabkan tubuh tidak menyerap nutrisi makanan dengan efektif. Beberapa orang juga akan merasakan kram perut dan pusing jika berjalan kaki setelah makan.

Meminum banyak air penting bagi kesehatan. Tetapi jika meminum air terlalu banyak langsung setelah makan mungkin dapat menganggu pencernaan. Hal tersebut dapat menyebabkan cairan empedu dan asam yang dibutuhkan dalam proses pencernaan terhanyut.

Tunggu selama 30 menit setelah makan, baru Anda menggosok gigi. Melakukannya segera setelah makan dapat menghilangkan enamel pada gigi, sehingga dapat membahayakan gigi Anda.

Bagi para pecandu teh, meminum secangkir teh setelah makan diperlukan agar bisa merasa lebih baik. Tetapi, melakukannya langsung setelah makan tidak baik bagi tubuh. Polifenol yang terkandung dalam teh menyebabkan tubuh tidak dapat menyerap zat besi dengan optimal. Juga kandungan asamnya yang dapat mengganggu proses pencernaan protein yang masuk dalam tubuh.

Anda tidak boleh mandi segera setelah makan karena aliran darah akan mengalir menuju tangan, kaki, dll. Hal ini menyebabkan darah di area sistem pencernaan berkurang dan akhirnya menghambat prosesnya.

Para perokok cenderung selalu merokok satu batang rokok langsung setelah makan. Namun hal ini sama halnya dengan merokok 10 batang. Aliran darah akan meningkat di dalam sistem pencernaan, dan bahan berbahaya dalam rokok akan terserap lebih cepat.

Karena mencerna makanan membutuhkan darah mengalir ke sistem pencernaan, maka alirannya ke otak berkurang, sehingga konsentrasi menurun. Anda juga merasa mengantuk jika sedang kenyang. Lebih baik tunggu hingga satu jam baru Anda berkendara.

Bagi Anda yang tidak punya kesempatan berolahraga di siang hari, biasanya Anda akan melakukannya malah hari setelah makan malam. Olahraga setelah makan akan mengalihkan aliran darah dari sistem pencernaan dan menurunkan kerja metabolisme.

Segera tidur setelah makan malam harus dihindari untuk mencegah penyakit gastrointestinal dan gangguan pencernaan. Hal ini juga dapat menambah berat badan. Lebih baik Anda memberi jeda selama satu jam dan membiarkan tubuh mencerna makanan yang masuk dengan optimal terlebih dahulu.

Semoga bermanfaat!

 

* An Nisaa Gettar, Relawan Kesehatan RS Ibnu Sina, Jakarta.

Sumber: http://gayahidup.inilah.com

NO COMMENTS

Tinggalkan Balasan