4 Tipe Asuransi Yang Wajib Dimiliki!

    0 323
    Asuransi Jiwa

    Resiko yang terjadi terhadap manusia bisa datang kapan saja dan di mana saja. Maka dari itu, kita sebagai manusia yang tak memiliki kuasa penuh atas apa yang akan terjadi terhadap diri kita perlu waspada dalam menghadapi semua resiko-resiko di masa mendatang.

    Oleh sebab itu, memilih produk asuransi agaknya bisa menjadi salah satu pilihan solusi yang tepat sebagai perlindungan diri dari berbagai resiko yang mengintai mulai dari kecelakaan, bencana alam hingga kematian.

    Perlindungan yang dimaksud di atas bukan berarti kita akan terhindar dari berbagai resiko tersebut, namun beban finansial yang ada setelah resiko-resiko tersebut terjadi setidaknya akan berkurang dengan membeli produk asuransi terkait.

    Asuransi sendiri secara general terbagi atas dua golongan, yaitu asuransi umum dan asuransi jiwa. Dalam perkembangannya, kedua golongan asuransi di atas memiliki banyak sekali produk dengan beragam manfaat yang berbeda-beda. Dari sedemikian banyaknya produk asuransi yang beredar di pasaran, kiranya ada beberapa yang wajib sekali dimiliki oleh Anda.

    Idealnya, total alokasi untuk membayar premi asuransi setiap bulannya adalah 5% – 10% dari total penghasilan bulanan Anda. Maka dari itu, Anda harus cerdas dalam memilih produk asuransi yang Anda butuhkan. Pilihlah kiranya asuransi jiwa terbaik dan beberapa produk asuransi umum yang Anda butuhkan. Artinya, jangan sampai anggaran bulanan Anda habis hanya untuk membayar premi asuransi yang terlalu banyak.

    Nah, berikut beberapa jenis asuransi yang wajib Anda miliki. Apa saja, sih?

    1. Asuransi Jiwa

    Jenis asuransi ini merupakan produk asuransi utama yang harus Anda miliki karena asuransi ini akan memberikan perlindungan terhadap resiko kematian yang menghantui setiap orang. Untuk jenis asuransi ini, ada baiknya Anda memilih yang murni tanpa investasi. Dan lebih disarankan untuk memilih asuransi jiwa berjangka, sebab premi yang harus dibayarkan setiap bulannya lebih ringan dan nilai pertanggungan yang akan didapatkan oleh sang ahli waris juga akan lebih besar nilainya ketimbang asuransi jiwa yang lainnya.

    1. Asuransi Kesehatan

    Di Indonesia sendiri telah ada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Jika dibandingkan dengan jenis asuransi kesehatan yang lainnya, BPJS Kesehatan ini memiliki keuntungan dalam hal premi yang jauh lebih ringan. Bagi beberapa perusahaan, pegawai dan pekerjanya akan diberikan fasilitas untuk mendapatkan BPJS Kesehatan secara cuma-cuma sehingga perusahaan yang akan mengurus segala keperluan pegawainya.

    1. Asuransi Properti

    Yang tak kalah penting dari membeli produk asuransi adalah asuransi properti sebagai perlindungan bagi resiko yang mengintai rumah dan properti Anda. Untuk memilih asuransi properti yang baik, carilah produk asuransi properti yang menawarkan perlindungan penuh bagi rumah Anda mulai dari kebakaran, gempa bumi & bencana alam, perampokan hingga kebanjiran. Sehingga Anda tak perlu khawatir lagi jika di masa mendatang terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terhadap rumah dan properti yang Anda miliki.

    1. Asuransi Kendaraan Bermotor

    Dan yang terakhir yang juga tak kalah penting ialah asuransi kendaraan bermotor bagi Anda yang memiliki kendaraan bermotor. Sebab di jalanan, berbagai resiko mulai dari kecelakaan ringan hingga kecelakaan yang menyebabkan kendaraan Anda rusak total dapat terjadi di manapun. Oleh karena itu, Anda perlu memilih asuransi kendaraan bermotor yang memberikan Anda proteksi terhadap segala resiko yang mungkin akan terjadi terhadap kendaraan Anda selama berkendara di jalanan.

    Jika keempat jenis asuransi di atas sudah Anda miliki, maka Anda dapat memperluas proteksi terhadap diri Anda melalui pembelian produk asuransi kecelakaan diri dan perjalanan. Asuransi kecelakaan diri akan memberikan perlindungan terhadap resiko yang mungkin terjadi terhadap diri Anda akibat kecelakaan bisa meninggal dunia atau cacat akibat kecelakaan. Sedangkan asuransi perjalanan akan memberikan perlindungan selama Anda dalam perjalanan jauh saja. Tapi dari kesemuanya, hendaknya Anda memprioritaskan manakah yang lebih Anda butuhkan dan sesuai dengan tujuan finansial Anda di masa depan. Dengan begitu, memilih produk asuransi tidak akan sesulit yang Anda bayangkan.

    Jadi, sudahkah Anda membeli produk asuransi yang tepat?

    NO COMMENTS

    Tinggalkan Balasan