Air Kemasan Botol Plastik Aman Buat Wanita Hamil?

Air Kemasan Botol Plastik Aman Buat Wanita Hamil?

0 68

APAKAH kemasan botol plastik pada air mineral tidak sehat dikonsumsi ibu hamil? Nah, sebuah studi baru mengklaim bahwa ketika seorang wanita hamil menggunakan botol plastik, mungkin akan meningkatkan kemungkinan obesitas pada anak-anaknya. Mengapa ?

Hal ini diakibatkan karena kandungan bahan kimia yang dikenal sebagai BPA pada kemasan botol plastik. Kandungan bahan kimia ini juga ditemukan pada beberapa wadah makanan yang berbahan dasar plastik juga. Ibu hamil yang terpapar bahan kimia ini berisiko melahirkan anak-anak yang memiliki kesempatan besar menjadi obesitas sebelum berusia 7 tahun.

Studi ini memeriksa beberapa wanita yang menggunakan botol plastik selama kehamilan mereka, dan menemukan bukti dimana lebih dari 90 persen dari wanita tersebut terdapat kandungan bahan kimia berbahaya di tubuh mereka.

Selanjutnya para peneliti mempelajari anak-anak dari mereka dan menemukan bahwa berat badan anak-anak tersebut lebih tinggi dibandingkan anak-anak yang ibunya tidak pernah atau jarang menggunakan kemasan botol plastik selama masa kehamilan.

Perlu kita ketahui, bahwa BPA merupakan bahan kimia yang dapat mengganggu dan merusak sistem endoktrin dan mengacaukan metabolisme anak-anak. Inilah yang pada akhirnya akan menyebabkan pembentukan lemak.

Dari penelitian didapatkan fakta bahwa paparan BPA selama masa kehamilan dapat mempengaruhi metabolisme janin dalam kandungan sampai pada waktu kelahiran dan menyebabkan risiko obesitas pada anak kelak.

Juga, para peneliti mengatakan bahwa BPA juga dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya seperti masalah jantung, diabetes, depresi, kecemasan dan juga menyebabkan asma pada orang dewasa.

Semua risiko kesehatan ini tentu dapat kita hindari dengan mengurangi penggunaan botol plastik sebagai wadah air minum kita. Juga mengurangi penggunaan wadah-wadah makanan berbahan plastik. Akan lebih baik jika kita tidak menggunakan nya sama sekali, dan mengganti dengan wadah berbahan kaca atau lain sebagainya. Selamat sehat.

* Chairunnisa Dhiee, Relawan Kesehatan RS Ibnu Sina, Jakarta.

Sumber: http://gayahidup.inilah.com

NO COMMENTS

Tinggalkan Balasan