Beberapa Fakta Tak Diketahui Tentang Tumor Otak

Beberapa Fakta Tak Diketahui Tentang Tumor Otak

0 144

APA reaksi pertama kita saat mendengar kata kanker ? Sebagian pasti akan merasa merinding saat mendengarnya. Itu reaksi alami, karena kanker adalah salah satu penyakit paling mematikan yang dapat mempengaruhi kehidupan kita.

Kita juga pasti pernah melihat dan mengetahui orang atau penderita kanker yang sedang berjuang melawan penyakit mematikan ini. Ada banyak jenis kanker yang umum menyerang tubuh kita, yakni kanker payudara, tumor otak, kanker prostat,kanker usus, dan kanker lidah. Tak jarang juga kita mendengar tentang seputar mitos dan fakta dari penyakit ini.

Misalnya kanker otak, merupakan salah satu jenis kanker paling mematikan dari kanker. Berikut adalah beberapa fakta tentang tumor otak belum banyak diketahui.

Fakta pertama

Tumor otak menjadi penyebab utama kematian terkait kanker pada pasien berusia dibawah 14 tahun, sementara menjadi penyebab kematian kedua untuk pasien yang berusia di bawah 20 tahun.

Fakta kedua

Sekitar 120 jenis tumor otak yang dapat mempengaruhi orang-orang dari segala usia tertentu, etnis dan jenis kelamin, dengan pengobatan yang sulit sehingga semua bentuk tumor otak berpotensi fatal.

Fakta ketiga

Glioma adalah jenis yang paling umum dari tumor otak primer yang mempengaruhi sel-sel glial otak.

Fakta keempat

Tidak seperti bentuk lain kanker, tumor otak primer biasanya tidak menyebar ke organ lain dan tetap di otak. Namun, tetap berisiko berakibat fatal.

Fakta kelima

Pasien yang meninggal karena tumor otak primer, organ mereka masih bisa disumbangkan ke orang lain yang membutuhkan, sebagian sisa organ tubuh pasien tidak terpengaruh.

Fakta keenam

Tumor otak pada anak-anak berbeda dengan tumor otak pada dewasa, maka mereka diperlakukan dengan teknik dan pengobatan yang berbeda-beda.

Fakta ketujuh

Saat tumor otak mempengaruhi anak-anak, meskipun bisa disembuhkan. Hal itu tetap dapat menyebabkan anak mengalami cacat sehingga mengurangi kualitas hidup.

Itulah beberapa fakta tentang penyakit tumor otak yang belum banyak kita ketahui, semoga bermanfaat dan selamat sehat.

* Chairunnisa Dhiee (Relawan Kesehatan RS.Ibnu Sina )

Sumber: http://gayahidup.inilah.com

SIMILAR ARTICLES

NO COMMENTS

Tinggalkan Balasan