Hindari 4 Kandungan Ini Di Produk Kecantikan

Hindari 4 Kandungan Ini Di Produk Kecantikan

0 73

Paraben adalah sejenis bahan pengawet yang banyak digunakan untuk kosmetik, deodorant, lotion, sampo, produk bayi, dan banyak lagi. Paraben berkaitan dengan berbagai efek buruk kesehatan, yang paling mengkhawatirkan adalah meningkatknya jumlah kanker payudara seiring dengan banyak ditemukannya zat kimia tersebut di jaringan-jaringan payudara manusia.

Mengaplikasikan produk yang mengandung paraben ini langsung ke permukaan kulit artinya kita memberikan akses langsung zat ini terserap oleh jaringan tubuh. Jadi lebih, jauhi produk berbahan paraben.

Bahan kimia ini membantu melembutkan dan melenturkan suatu produk, karena itu banyak digunakan pada kosmetik, mainan anak, plastik, dan furnitur. Bahan ini juga dapat dijumpai di makanan seperti daging, minyak, lemak, dan susu. Kandungan ini dapat mempengaruhi kesuburan, depresi, agresi, dan menurunkan konsentrasi. Belum lagi risiko adanya asma, eksim, obesitas, diabetes dan kanker payudara.

Sodium Laureth (or Lauryl) Sulfate (SLS), Ammonium Lauryl Sulfate (ALS) adalah bahan kimia untuk membuat sampo dan sabun wajah Anda berbusa. Namun kandungannya bisa mengiritasi kulit dan kemungkinan adanya kontaminasi dari 1,4-dioksan, etilen oksida, dan karsinogen.

Petroleum dihasilkan dari minyak mentah yang kemudian digunakan untuk bahan kosmetiik, krim tubuh, dan minyak bayi. Perannya sebagai sealant menyulitkan kulit kita dalam mengurangi racun (belum lagi mereka juga terkait dengan gangguan endokrin, iritasi kulit, alergi, dan kanker). Tingkat pencemarannya terhadap lingkungan juga cukup tinggi setiap bahan-bahan ini diproduksi. Jauh lebih baik, hindari mulai saat ini.

Setelah memperoleh informasi ini, silakan cek seluruh produk kecantikan di lemari Anda. Jika ada yang mengandung salah satu dari bahan kimia di atas, lebih baik segera singkirkan dan cari produk yang lebih aman. Selamat menjalani hidup sehat!

 

* An Nisaa Gettar, Relawan RS Ibnu Sina, Jakarta.

 

Sumber: http://gayahidup.inilah.com

NO COMMENTS

Tinggalkan Balasan