IDAI Jaya Gelar Edukasi Di 72 Rumah Sakit

IDAI Jaya Gelar Edukasi Di 72 Rumah Sakit

0 208

Jakarta – Dalam rangka memperingati Hari Lahir Anak Nasional 2016, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Jaya, menyelenggarakan edukasi serentak di 72 rumah sakit di seluruh Jakarta.

Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemahaman orang tua terhadap pentingnya 1.000 hari pertama kehidupan anak untuk mencapai tumbuh kembang yang optimal. Ini juga sekaligus dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke 62 IDAI Jaya.

“Masalah kesehatan anak cukup beragam, data nasional melaporkan masih tingginya angkat kematian bayi dan balita. Selain masalah penyakit, beberapa masalah kesehatan anak mencakup tidak terpenuhinya kebutuhan dasar anak juga masih memprihatinkan,” kata ketua IDAI Jaya, Dr. Rini Sekartini, SpA(K) saat ditemui di kantor IDAI Jaya, Jakarta, Kamis (02/06/2016).

Menurut hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, menunjukkan bahwa masalah stunting (pendek) pada balita masih cukup serius. Hal ini ditandai dengan mencapai 37,2 persen. Prevalensi gemuk pda anak balita juga masih tinggi yaitu sekitar 11,9 persen.

Sesuai dengan tema edukasi IDAI Jaya kali ini, yaitu “Menuju Anak Indonesia Sehat, Tinggi dan Cerdas” yang sekaligus dambaan setiap orangtua. Anak dikatakan sehat bila jarang sakit, dapat bertumbuh dan berkembang sesuai potensinya.

Beberapa faktor yang mempengaruhi adalah faktor genetik dan lingkungan juga memiliki peranan penting dalam perkembangan pertumbuhan anak.

Sumber: http://gayahidup.inilah.com

NO COMMENTS

Tinggalkan Balasan