Inilah Penyebab Anemia Defisiensi Besi (ADB)

Inilah Penyebab Anemia Defisiensi Besi (ADB)

0 86

Kurang mengkonsumsi zat besi akan menyebabkan gangguan pada tubuh. Berbagai makanan memiliki kandungan zat besi tinggi, seperti daging, telur, dan beberapa sayuran hijau. Karena zat besi penting untuk masa pertumbuhan dan perkembangan, ibu hamil dan anak-anak sangat dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi.

Pada wanita usia subur, penyebab umum terjadinya ADB adalah karena keluarnya banyak darah saat menstruasi atau kehilangan darah pada saat melahirkan.

Kondisi kesehatan tertentu dapat menyebabkan pendarahan internal yang kemudian menyebabkan ADB, misalnya penyakit pada usus atau usus besar. Selain itu, terlalu sering menkonsumsi obat pereda nyeri seperti aspirin juga dapat menyebabkan pendarahan internal.

Operasi dan kondisi penyakit tertentu yang berdampak pada fungsi organ usus bisa jadi mengganggu tubuh dalam menyerap zat besi. Bahkan meskipun makanan yang kita makan mengandung cukup zat besi, penyakit tertentu atau efek pasca operasi dapat membatasi penyerapan zat besi ke dalam tubuh.

ADB dapat terjadi pada siapapun, baik pria atau wanita di segala usia. Namun, beberapa orang juga memiliki risiko yang lebih besar, antara lain wanita pada usia subur, ibu hamil, orang dengan pola makan buruk, orang yang sering mendonorkan darah, anak-anak dan bayi, khususnya yang lahir prematurm serta vegetarian yang tidak mengganti konsumsi daging dengan jenis makanan lainnya yang kaya zat besi.

Jika Anda merupakan salah satu yang memiliki risiko tersebut, silakan konsultasi ke dokter. Mungkin anjuran untuk menerapkan pola makan tertentu akan memberikan banyak manfaat.

 

* An Nisaa Gettar, Relawan Kesehatan RS Ibnu Sina, Jakarta.

Sumber: http://gayahidup.inilah.com

NO COMMENTS

Tinggalkan Balasan