Manfaat Ubi jalar Ungu Bagi Kesehatan

Manfaat Ubi jalar Ungu Bagi Kesehatan

0 166

KKCantik.com – Mungkin sebagian banyak orang mengira jika makanan ubi jalar adalah makanan yang kampungan dan ndeso yang hanya di konsumsi oleh masyarakat kelas bawah dan kurang begitu di minati oleh masyarakat perkotaan. Namun tahukah anda bahwa ubi jalar ternyata memiliki sejuta manfaat yang positif untuk kesehatan anda dan hal tersebut mungkin akan sangat membantu dan jauh dari makanan modern sekarang yang kurang memiliki manfaat yang banyak selain bikin kenyang.

1. serat dan pektin dalam ubi ungu sangat baik untuk mencegah gangguan pencernaan seperti wasir, sembelit hingga kanker kolon. Walaupun terlihat ndeso tapi jangan anda anggap enteng untuk manfaatnya.

2. antosianin ubi ungu juga memiliki fungsi fisiologis misal antioksidan, antikanker, antibakteri, perlindungan terhadap kerusakan hati, penyakit jantung dan stroke.

3. kandungan aktif zat selenium dan iodin dua puluh lebih tinggi dari pada ubi lainnya, sehingga ubi jalar ungu dapat menjadi anti kanker. Dengan begitu resiko terkena kanker bisa di minimalisir dan bukan tidak mungkin anda akan terbebas dari penyakit berbahaya tersebut.

4. ubi ungu memiliki aktivitas antioksidan dan antibakteri 2,5 dan 3,2 kali lebih tinggi dari pada beberapa varietas “blueberry”.

5. selain itu dapat dijadikan sebagai sumber kabohidrat bagi tubuh dan sebagai pewarna makanan yang alami. Jadi tidak akan mengandung berbagai zat serta bahan yng tidak baik untuk kesehatan kita.

Banyak sekali kandungan nutrisi serta vitamin yang terkandung di dalam makanan tersebut antara lain vitamin A, vitamin C, thiamin (vitamin B1), dan riboflavin. Kandungan lainnya adalah protein, lemak, serat kasar dan abu. Total kandungan pigmen warna ungu ( antosianin ) bervariasi pada setiap tanaman dan berkisar antara 20 mg/100 g sampai 600 mg/100 g berat basah.

NO COMMENTS

Tinggalkan Balasan