Sulit Menelan? Waspada Risiko Akalasia Esaphagus

Sulit Menelan? Waspada Risiko Akalasia Esaphagus

0 76

AKALASIA Esaphagus merupakan kondisi medis yang ditandai dengan adanya gangguan kerongkongan saat menyalurkan makanan pada pipa menelan atau esofagus menuju ke dalam lambung.

Pipa menelan atau esofagus terdiri dari tiga bagian. Bagian atas yang terdapat sfingter esofagus yang berfungsi untuk mencegah aliran balik makanan dari bagian bawah esopagus ke arah atas, corpus dan bagian bawah yang secara normal berkontraksi untuk mencegah asam lambung dan makanan yang ada di lambung mengalir kembali ke atas

Pada kasus Akalasia Esaphagus , sfingter esofagus bagian bawah tidak berfungsi atau tidak berelaksasi untuk menyalurkan makanan ke dalam dan masuk ke lambung. Inilah yang membuat penderita Akalasia mengalami gejala nyeri pada dada saat menelan, dada terasa seperti terbakar dan mengalami kesulitan saat menelan.

Pada kebanyakan penderita Akalasia Esophagus akan mengalami disfagia, yakni sebuah kondisi di mana seseorang merasa kesulitan atau merasa sakit saat ingin menelan makanan. Kondisi ini cenderung akan semakin parah dala beberapa tahun mendatang . Akalisa Esophagus ini dapat ditangani dengan bantuan obat-obatan yang membantu merelaksasi otot-otot sfingter dan juga operasi untuk melebarkan esofagus .

Penyebab utama dari penyakit ini belum diketahui secara pasti. Tetapi, Akalasia bisa disebabkan oleh degenerasi sel-sel saraf yang secara normal biasanya berfungsi menghantarkan sinyal otak untuk merelaksasikan sphincter esophagus. Berdasarkan laman Mediskus.com (2016) Infeksi tersembunyi atau penyakit autoimun dicurigai sebagai penyebabnya.

Walaupun Akalasia Esophagus merupakan penyakit yang jarang terjadi dan biasanya terjadi pada usia pertengahan dan orang dewasa. Namun penyakit ini dapat menyebabkan komplikasi, antara lain pneumonia (saat makanan memasuki saluran udara) atau robekan dari esofagus.

* Chairunnisa Dhiee Relawan Kesehatan RS Ibnu Sina, Jakarta.

Sumber: http://gayahidup.inilah.com

NO COMMENTS

Tinggalkan Balasan