Teh Hijau Dapat Mencegah Diabetes Tipe 2

Teh Hijau Dapat Mencegah Diabetes Tipe 2

0 78

TEH hijau telah dinikmati selama berabad-abad dan saat ini menempati urutan kedua minuman favorit di dunia setelah air putih. Alasannya mungkin karena teh hijau memiliki begitu banyak manfaat, termasuk mencegah kanker dan menjaga kesehatan mental.

Tidak hanya itu, riset terbaru juga menunjukkan bahwa teh hijau memiliki manfaat untuk mencegah diabetes, seperti yang dilansir oleh everydayhealth.com. Suzanne Steinbaum dari Lenox Hill Hospital NYC mengungkapkan bahwa teh hijau membantu merangsang sel sehingga fungsi metabolisme gula dalam tubuh bekerja lebih baik.

Sebuah jurnal yang dipublikasikan oleh Diabetes and Metabolism Journal pada 2013 menyampaikan bahwa sebuah riset di Jepang menunjukkan 33% orang yang meminum teh hijau minimal 6 cangkir per hari tidak memiliki risiko diabetes dibandingkan mereka yang minum kurang dari secangkir dalam seminggu.

Meminum teh bagus untuk penderita diabetes karena mengandung polyphenol, yaitu antioksidan yang dapat dijumpai di setiap tumbuhan. Polyphenol memiliki banyak peran penting, seperti menurunkan tekanan darah, mengurangi kolesterol, mengontrol glukosa, dan mencegah penggumpalan, sehingga sangat baik untuk mengatasi diabetes. Termasuk menurunkan risiko penyakit jantung.

Dibandingkan teh hitam, teh hijau memiliki kandungan polyphenol yang lebih tinggi. Selain bisa dilihat dari warna yang lebih cerah, teh hijau dibuat tanpa fermentasi, sehingga jauh lebih alami. Sementara teh hitam merupakan hasil fermentasi, juga lebih banyak kandungan kafeinnya.

Mengatasi diabetes tipe 2 dapat dilakukan dengan penerapan pola makan yang sehat. Jika berbicara tentang pencegahannya, memasukkan bahan makanan yang kaya polyphenol ke dalam menu diet adalah langkah yang sangat tepat. Beberapa contoh makanan yang kaya akan polyphenol misalnya buah dan sayuran berwarna cerah, kacang, ikan beromega 3, cokelat, serta tentu saja teh hijau.

* An Nisaa Gettar, Relawan Kesehatan RS Ibnu Sina, Jakarta.

Sumber: http://gayahidup.inilah.com

SIMILAR ARTICLES

NO COMMENTS

Tinggalkan Balasan