Beranda Berita 4 Cara Sederhana Tingkatkan Konsentrasi

4 Cara Sederhana Tingkatkan Konsentrasi

200
0

Ambil jeda beberapa menit setelah Anda bekerja selama satu jam. Otak  kita terlatih dalam menerima stimulus. Dengan berhenti dan mengaktifkan kembali fokus setiap beberapa jam sekali dapat memelihara tingkat konsentrasi otak.

Ponsel tidak hanya mendistraksi Anda dengan panggilan dan SMS. Sebuah riset di Florida State University mengungkap bahwa seseorang yang menerima notifikasi dari ponselnya cenderung melakukan lebih banyak kesalahan pada saat melakukan pekerjaan di komputer, dibandingkan mereka yang bebas dari ponsel. Jika Anda sedang dikejar deadline, pastikan untuk men-silent ponsel dan meletakkannya jauh-jauh dari tempat Anda.

Mengerjakan laporan sambil makan dan menonton televisi? Lebih baik jangan. Selesaikan pekerjaan secara satu per satu. Otak kita sulit untuk mengerjakan dua aktivitas sekaligus, seperti yang diungkapkan dalam sebuah riset Science pada 2010. Kenapa? Salah satu bagian otak yang disebut medial prefrontal cortex hanya membagi stimulus pekerjaan menjadi dua. Jika satu bagian sedang berkonsentrasi dengan pekerjaan pertama, maka bagian lainnya akan berkonsentrasi dengan pekerjaan kedua. Sehingga tidak ada ruang untuk pekerjaan ketiga.

Selama beristirahat di rumah atau libur dari pekerjaan, cobalah untuk bermeditasi dengan mengatur dan mengambil napas yang dalam, serta memusatkan konsentrasi. Beberapa teknik meditasi Buddha terbukti dapat meningkatkan kesehatan mental dengan memberikan konsentrasi pada situasi saat ini dan bukannya memikirnya banyak hal di luar sana.

* An Nisaa Gettar, Relawan Kesehatan RS Ibnu Sina, Jakarta.

Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Artikel sebelumyaSewa Apartemen Lebih Mudah Lewat Online
Artikel berikutnyaEmpat Manfaat Bersepeda Untuk Kesehatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here