Beranda Berita 4 Hal Dapat Anda Lakukan Agar Lebih Bahagia

4 Hal Dapat Anda Lakukan Agar Lebih Bahagia

154
0

ADA hal lain yang perlu dilakukan untuk mencapai hidup sehat selain menerapkan pola diet sehat dan olahraga. Menemukan kebahagiaan setiap hari juga dapat memberikan dampak positif untuk kesehatan secara keseluruhan.

Berdasarkan studi dari Proceedings of the National Academy of Sciences, kebahagiaan memiliki dampak positif dalam menurunkan kadar kortisol, yaitu hormon dalam tubuh yang berhubungan dengan berbagai kondisi kesehatan seperti diabetes tipe 2, hipertensi, dan penyakit autoimun.

Gabrielle Bernstein, penulis buku May Cause Miracles, menyampaikan kepada Everyday Health, ia meyakini bahwa kebahagiaan individu atau yang ia sebut sebagai keajaiban, dapat diperoleh melalui meditasi. Pada bukunya yang lain berjudul Miracles Now, ia menuliskan bahwa meditasi membantu, karena aktivitas ini memberikan waktu untuk merefleksikan diri, membawa kedamaian jiwa, dan memberikan penilaian yang sesungguhnya tentang di mana Anda hidup dan di mana Anda bisa pergi.

Hal ini sejalan dengan riset dari JAMA Internal Medicine yang menunjukkan meditasi dapat membantu mengurangi stres dan gejala depresi. Berikut ini beberapa tips meditasi dari Gabrielle Bernstein, antara lain:

Memikirkan hal yang membahagiakan di awal hari

“Ketika kita melihat diri kita di dalam cermin setiap pagi dan berpikir tentang semua hal yang ingin kita ubah, itu merupakan pilihan yang kita buat,” ucap Bernstein. “Berpikirlah secara berbeda tentang diri Anda dan jadikan hal yang membahagiakan untuk pertama dilakukan di awal hari.”

Bernstein merekomendasikan untuk mendengarkan musik di pagi hari, bukannya menonton TV. Buat daftar lagu yang positif dan ceria untuk membangun mood baik dan membakar semangat Anda. Jika Anda masih ada waktu luang, duduklah bermeditasi sambil mendengarkan satu atau dua lagu.

Singkirkan pikiran negatif

Terganggu oleh pikiran negatif tentang diri Anda dan orang lain? Bernstein menganjurkan untuk melakukan teknik meditasi yang ia sebut dengan Snap Out of It. Yaitu meditasi dengan memakai karet gelang pada tangan Anda, lalu setiap Anda berpikir negatif tentang Anda atau diri Anda, jepretkan karet gelang tersebut sehingga mengenai tangan Anda. Hal ini dapat membantu Anda menyingkirkan pikiran-pikiran negatif tersebut.

Aktifkan sisi kekanak-kanakan Anda

Kapanpun Anda merasa stres tentang tanggung jawab dan komitmen, beralihlah dari dunia Anda saat ini, lalu aktifkan sisi kanak-kanak Anda. Saat kecil kita mengisi kapasitas diri kita dengan rasa penasaran dan kreativitas.

Bernstein menganjurkan untuk menyalakan mimpi Anda di siang hari. Cobalah duduk selama sepuluh menit, sendiri, dan bayangkan tentang impian yang ingin Anda lakukan. Biarkan diri Anda bersenang-senang seperti saat Anda kecil. Menurut Bernstein, hal tersebut dapat membawa energi positif dan membebaskan tekanan pikiran.

Tidur untuk mengembalikan pikiran Anda

Tidur penting untuk menjaga kesehatan, tapi banyak orang lupa bahwa tidur juga merupakan terapi yang baik untuk mental dan emosi. Bernstein merekomendasikan untuk menerapkan teknik pernapasan sederhana Kundalini agar tidur kita nyenyak. Yaitu dengan duduk tegak di atas tempat tidur dan bernapas dengan pernapasan U (dengan mengerucutkan bibir). Tarik dan embuskan napas melalui hidung, lalu lakukan teknik ini selama satu menit.

* An Nisaa Gettar, Relawan Kesehatan RS Ibnu Sina, Jakarta.

Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Artikel sebelumyaInformasi Kesehatan: Manfaat Buah Melon dalam Mengobati Penyakit
Artikel berikutnyaCara Membersihkan Lemak Secara Cepat Dengan Sabun Sunlight

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here