5 Hal Penting Yang Sering Dilupakan Tentang Diet

5 Hal Penting Yang Sering Dilupakan Tentang Diet

0 117

DEMI mencapai tubuh sehat dan ideal, banyak orang bersemangat mencari dan mencoba berbagai pola diet. Namun, dalam melakukan itu sering kita melupakan beberapa hal yang sebenarnya penting dan dapat memberikan persepsi baru yang lebih baik.

Seperti yang dilansir oleh lifeharck.org, ada lima hal penting yang sering dilupakan saat diet:

1. Sebuah pendekatan belum tentu cocok untuk semua orang

Sebagaimana sebuah profesi, sebuah pola diet belum tentu cocok untuk semua orang. Perbedaan kondisi sistem pencernaan, tingkat hormon, dan gaya hidup yang kita terapkan menjadikan setiap orang memiliki kebutuhan diet yang berbeda. Itulah kenapa sebuah pola diet kadang berhasil untuk seseorang, tapi tidak berhasil bagi yang lain. Ini juga kadang kesehatan seseorang terganggu setelah menerapkan diet tertentu.

2. Diet bukanlah segalanya

Jika berbicara tentang kesehatan, diet bukanlah segalanya. Aspek emosional, fisikal, dan spiritual juga bagian dari kesehatan seseorang. Misalnya, bisa jadi seseorang yang menerapkan diet clean eating kesehatan mentalnya bermasalah. Masih banyak faktor lainnya yang berperan penting dalam kesehatan. Seperti kebahagiaan, pencapaian, sahabat, passion, bakat, dll.

3. Olahraga tidak sepenuhnya mengganti pola makan yang tidak sehat

Berlari sepanjang lima mil setiap hari tidak akan menghilangkan dampak kebiasaan makan junk food seseorang. Kita pun jangan hanya memberikan asupan untuk tubuh, karena otak juga membutuhkan asupan yang bergizi.

Antioksidan, omega-3, asam amino, dan karbohidrat kompleks dari makanan berprotein adalah asupan yang bagus untuk otak kita. Selalu pikirkan kesehatan secara utuh, yaitu tubuh dan otak, sehingga kita dapat seimbang dan selaras dalam berolah raga dan diet.

4. Diet seimbang lebih sehat dibandingkan diet ekstrim

Apapun dietnya, mencapai titik seimbang adalah hal paling penting yang perlu dicapai. Menerapkan diet secara ekstrim tidaklah sehat. Bukan berarti Anda akhirnya sembarangan memakan apapun yang kita inginkan. Tapi yang ditekankan di sini adalah kita tetap memelihara diet dengan tidak terlalu melakukan hal-hal yang ekstrim. Ketika Anda berprinsip tidak memakan es krim, tidak ada salahnya sesekali Anda mengkonsumsi itu.

5. Tidak ada yang sempurna

Tidak perlu mendambakan hasil yang sempurna. Diet tidak diciptakan untuk membuat kita sempurna. Menerapkan diet dengan sempurna juga tidak menjamin kebahagiaan. Lebih baik kita fokus bagaimana dengan diet kita bisa sehat, berenergi, dan bahagia.

* An Nisaa Gettar, Relawan Kesehatan RS Ibnu Sina, Jakarta.

Sumber: http://gayahidup.inilah.com

NO COMMENTS

Tinggalkan Balasan