5 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

5 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

0 418
5 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

Bulan ramadhan adalah bulan yang tidak hanya selalu ditunggu-tunggu oleh seluruh warga negara Indonesia, tetapi juga seluruh dunia dan khususnya umat muslim. Sebab pada bulan ramadhan ini, seluruh umat muslim akan memanfaatkannya sebagai ajang kumpul bersama keluarga dan mensucikan diri ataupun saling bermaaf-maafan satu sama lain. Pada bulan ramadhan ini juga, seorang muslim akan menjalankan puasanya selama 1 bulan penuh atau 30 hari. Tapi tahukah kamu kalau sebenarnya puasa ini mempunyai manfaat tidak hanya menjaga diri dari hawa nafsu tetapi juga dapat menjaga kesehatan kita? Ya, puasa memang mempunyai beberapa manfaatnya. Adapun manfaat puasa bagi kesehatan antara lain seperti:

  • Mengurangi kebiasaan buruk

Dengan melakukan puasa maka kamu secara tak langsung telah mengubah pola hidupmu untuk sementara. Mengapa demikian? Sebab dengan berpuasa, kamu akan menahan diri dari makanan yang manis-manis ataupun merokok.

  • Mengontrol berat badan

Ya, dengan berpuasa maka berat badanmu akan berkurang. Sebab kamu tidak makan dan minum selama sehari dalam waktu yang sudah ditentukan. Oleh karena itu maka berat badanmu juga akan menyusut secara otomatis.

  • Mengeluarkan racun dalam tubuh

Berpuasa sebulan penuh juga dapat membantu mengeluarkan racun dalam tubuh. Ini biasanya dikenal dengan istilah detoksifikasi. Pada saat tubuh memakan cadangan lemak untuk mendapatkan energi, cadangan lemak akan membakar setiap racun yang berbahaya dalam tubuh.

  • Meningkatkan kemampuan otak

Penurunan jumlah hormon kortisol pada saat berpuasa yang dihasilkan oleh kelenjar adrenal dapat membuat seseorang menurunkan tingkat stres. Dengan berpuasa dapat meningkatkan neurotropik yang diturunkan dari otak, yang dapat membantu tubuh memproduksi lebih banyak sel-sel otak yang pada akhirnya akan meningkatkan fungsi otak.

  • Dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah

Kita tau bahwa jantung adalah salah satu penyakit yang mematikan. Ini dapat menyerang penderitanya kapan saja. Namun dengan berpuasa, tubuh akan melakukan peningkatan HDL dan penurunan LDL yang baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Nah, itulah tadi beberapa manfaat puasa bagi kesehatan. Jadi dengan berpuasa, kita tidak hanya dilatih bersabar dan juga menahan hawa nafsu, melainkan mendapatkan hidup yang lebih sehat.

NO COMMENTS

Tinggalkan Balasan