Badmood Salah Satu Tanda Depresi

Badmood Salah Satu Tanda Depresi

0 138

Depresi ini biasanya dapat dikenali dari beberapa gejala yang memengaruhi kemampuan seseorang untuk menghadapi dan menyikapi hidup. Gejalanya seperti sulit tidur (insomnia), sulit makan, larut dalam kesedihan, suka menyendiri, dan tidak punya pandangan jelas tentang hidup. Gejalanya ini dapat muncul pada pagi hari dan akan berkurang saat menjelang siang hari.

Orang yang mengalami depresi berat tidak akan bisa menikmati dan merasakan kebahagiaan dalam hidupnya. Jika tidak segera diterapi, gejala-gejala depresi berat bisa bertahan selama enam bulan. Sebagian orang bisa mengalami satu kali depresi panjang dalam hidupnya, dan orang yang menderita depresi berat akan kembali mengulanginya pada waktu yang berbeda.

Depresi ini menunjukkan pola gejala khusus, termasuk kehilangan mood untuk merespons peristiwa yang positif. Orang yang mengalami depresi ini mungkin akan merasa lebih baik ketika menerima kabar baik atau ketika bermain bersama teman-temannya.

Namun, perasaan seperti itu biasanya cepat hilang. Gejala lainnya adalah bertambahnya berat badan, bertambahnya nafsu makan, dan banyak tidur. Depresi jenis ini biasanya lebih mudah disembuhkan melalui terapi dan pengobatan.

Merupakan gejala depresi yang paling ringan. Biasanya penderita diserang rasa malas yang luar biasa dan tidak berkeinginan apapun kecuali berdiam diri dan melamun. Gejala ini dapat menyerang dalam waktu yang cukup lama, tetapi tidak terlalu membahayakan kesehatan jiwa.

Biarpun tidak berbahaya, depresi ringan ini akan membuat si penderita tidak merasa nyaman dalam melakukan segala sesuatu dengan baik dan tidak bisa senang dan bahagia dalam keadaan apapun. Perlu diketahui, gejala badmood bisa berkembang menjadi parah hingga menjadi depresi berat.

Orang yang mengalami depresi jenis ini akan merasa tertekan selama beberapa hari meskipun tidak lama kemudian perasaannya akan kembali tenang. Gejala dysthymia tidak seberat gejala depresi berat, tetapi gejala depresi ini bisa bertahan selama dua tahun.

Orang dengan dysthymia kesulitan untuk menikmati hidup atau tidak dapat mengingat saat-saat menyenangkan dalam hidupnya. Puncak dari depresi ini adalah kondisi yang dikenal dengan depresi ganda. Penderitanya merasa selalu tertekan setiap saat. Atau, ia merasa bahwa ia memang diciptakan menjadi orang yang tidak beruntung, dan ia menganggap kegagalan sebagai kewajaran.

Depresi ini biasanya menyerang pada saat-saat tertentu, misalnya saat datang musim hujan, musim gugur, atau ketika matahari mulai tenggelam, dan ketika berada di ruangan gelap.

Depresi ini ditandai dengan perubahan mood. Ketika mengalami depresi, penderita biasanya mengalami gangguan perilaku yang disebut manic episodes, yang meliputi perilaku impulsive, hiperaktif, pembicaraan yang tak tentu arah atau ngawur, hingga gangguan insomnia. Biasanya peralihan dari satu mood ke mood lain berlangsung secara bertahap.

Ini merupakan gejala lain dari depresi. Biasanya suatu mood berlangsung hingga beberapa minggu. Ketika merasa depresi, penderita bipolar disorder menunjukkan gejala-gejala depresi berat.

* Chairunnisa Dhiee, Relawan Kesehatan RS Ibnu Sina, Jakarta.

Sumber: http://gayahidup.inilah.com

NO COMMENTS

Tinggalkan Balasan