Bayi Usia 3 Bulan Ternyata Memiliki Kemampuan Sosial

    122
    0
    Bayi Usia 3 Bulan Ternyata Memiliki Kemampuan Sosial

    Seorang wanita bisa dikatakan sempurna dalam hidupnya apabila telah merasakan keluh kesahnya mengdung dan sakitnya saat melahirkan. Tetapi bukan berarti itu semua menjadi satu hal yang membuat ibu merasa tersakiti oleh anaknya, malah sebaliknya Ibu sangatlah senang dan bangga memiliki anak yang lahir dari rahimnya sendiri. Bayi yang lahir secara normal, sehat dan selamat merupakan suatu anugrah dari Tuhan Yang Maha Esa, pantaslah kiranya sebagai orang tua mensyukuri pemberian tersebut dengan segenap rasa syukur yang dipanjatkan setiap waktu sebagai hamba kepada Sang Pencipta. Bayi setiap harinya selalu terlihat perkembangan yang signifikan, tetapi sebagai orang tua tidak sepenuhnya menyadari perkembangan tersebut. Perubahan pada pertumbuhan bayi mulai disadari dan terlehit jelas pada usia 4 bulan ke atas, sehingga bagi Ibu sangatlah penting dalam memberikan asupan ASI eksklusif dengan kualitas ASI yang mengandung gizi serta vitamin cukup sesuai dengan kebutuhan pada perkembangan bayi 4 bulan.

    Kemampuan bayi 4 bulan sangatlah berbeda – beda sesuai dengan bawaan bayi itu sendiri. Adapun kemampuan yang membuat Ibu sangat gemas melihatnya ialah kemampuan sosial pada bayi usia 4 bulan. Ada 3 kemampuan sosial sebagai bentuk perubahan pada perkembangan bayi 4 bulan.

    1. Mulai merespon dalam interaksi
      Ketika Ibu melakukan interaksi kepada bayi, maka respon bayi sebagai kemampuan sosialnya akan mampu memberikan tanggapan secara tidak terus menerus. Misalkan Ibu berinteraksi dengan sedikit candaan, maka bayi tersebut akan mulai merespon dengan senyuman lembut diwajahnya.
    2. Bayi menangis untuk memperlihatkan keinginannya
      Ekspresi bayi dalam menentukan keinginannya yaitu salah satunya dengan cara menangis. Hal tersebut bisa mulai dilakukan oleh bayi yang usianya sudah menginjak 4 bulan. Anda harus peka terhadap keinginan bayi, jangan sampai tangisannya membuat ia merasa cape dan jengkel.
    3. Bayi usia 4 bulan mulai bisa meniru sesuatu yang diajarkan
      Meskipun tidak secara maksimal yang dilakukan bayi ketika meniru sesuatu hal, tetapi kemampuan sosialnya dalam hal meniru perilaku yang diajarkan orang tua sangatlah bisa merespon walaupun hanya sedikit tanggapannya.
    Artikel sebelumyaPentingnya Anak dengan Pendidikan Mental Spiritual
    Artikel berikutnyaBeberapa Macam Manfaat Daun Alpukat

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here