Beranda Kesehatan Herbal Alami Beberapa Macam Manfaat Daun Alpukat

Beberapa Macam Manfaat Daun Alpukat

732
0
Beberapa Macam Manfaat Daun Alpukat

Tahukah kamu kalau buah alpukat mempunyai nama latin? Ya, buah berwarna hijau ini memang mempunyai nama latin. Namanya adalah Persea Americana Miller. Walapun bukan tanaman asli Indonesia, tapi buah alpukat ini sudah tidak asing lagi di Indonesia. Buah yang sering dijadikan sebagai jus ini berasal dari Meksiko Amerika Tengah. Saat ini buah alpukat telah dibudidayakan di Amerika Selatan dan juga Amerika Tengah sebagai tanaman pekarangan pada daerah-daerah tropis di dunia, termasuk juga di Indonesia.

Namun mau dibudidayakan, dijadikan sebagi jus atau hanya sekedar dimakan saja, buah alpukat cukup banyak manfaat dan vitaminnya. Begitu juga dengan daun alpukat. Daun alpukat sering dijadikan sebagai obat tradisional yang alami untuk menyembuhkan beberapa macam penyakit. Adapun manfaat daun alpukat antara lain sebagai berikut ini:

  • Membasmi Batu Ginjal

Manfaat yang paling ampuh yang terdapat dalam daun alpukat adalah untuk mengatasi masalah pada batu ginjal. Kandungan zat yang ada pada daun alpukat seperti alkoid, flavonoid dan juga saponin adalah zat yang ampuh dalam mengatasi batu ginjal. Cara memanfaatkan daun ini yaitu dengan menyiapkan 5 sampai 8 lembar daun alpukat (pilih yang berwarna hijau). Setelah itu, rebus daun tersebut dengan 1 gelas air. Kemudian minum setengah gelas air rebusan tadi saat pagi dan sore hari. Lakukan cara ini selama 10 hari secara berturut-turut.

  • Mengatasi sakit pinggang

Daun alpukat juga berkhasit untuk mengatasi sakit pinggang. Jika anda sedang mengalami sakit pinggang, maka cobalah dengan daun alpukat ini. Caranya pun mudah. Pertama, siapkan 5 lembar daun alpukat,. Kemudian rebus daun alpukat bersamaan dengan satu gelas air. Setelah matang, ambil setengah gelas air rebusan tadi dan diminum kira-kira 5 hari secara rutin sampai sakit pinggang benar-benar hilang.

  • Menghilangkan sariawan

Jika anda sedang mengalami sariawan, cobalah gigit daun alpukat yang masih muda. Setelah itu tempelkanlah pada sariawan anda. Biarkan selama 5 sampai 10 menit. Lakukan cara ini selama 3 kali dalam sehari dan rasakan bedanya.

  • Sebagai penghitam rambut alami

Selain sebagai obat alami yang diproses secara tradisional, daun alpukat dapat digunakan sebagai penghitam alami pada rambut. Caranya adalah haluskan daun alpukat muda dan gosokkan pada rambut secara merata. Tunggu sampai 10 menit barulah bilas rambut anda dengan air bersih.

Nah itulah beberapa macam manfaat daun alpukat bagi kita. Anda dapat mempraktekannya sebagai obat alami maupun cara untuk mempercantik diri.

Artikel sebelumyaKesadaran Minum Susu Di Indonesia Masih Rendah
Artikel berikutnyaApakah Anda Sedang Menderita Penyakit Darah Tinggi? Konsumsilah 5 Jenis Makanan Ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here