Beberapa Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan

Beberapa Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan

0 385
Beberapa Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan

Daun pandan atau yang mempunyai nama latin pandanus amaryllifolius roxb merupakan tanaman yang hidup dirawa-rawa atau tempat-tempat lembab dan teduh. Manfaatnya yang cukup berpengaruh bagi kehidupan kita, membuat tanaman ini banyak dibudidayakan di pekarangan rumah. Untuk perawatannya dilakukan dengan cara memisahkan tunas baru dari rumpunnya yang tumbuh di antara akar-akar. Tanaman ini banyak mengandung alkaloida, saponin, flavonoida, tanin, polifenol, dan zat warna. Itu sebabnya daun pandan menjadi tanaman yang nggak cuma baik bagi kecantikan, bermanfaat sebagai obat kesehatan yang alami dan tradisional, tapi juga bermanfaat untuk dijadikan sebagai bahan pelengkap kue.

Seperti yang kita tau kalau selama ini daun pandan sering digunakan sebagai pewarna alami pada kue, makanan dan juga minuman. Aromanya yang khas membuat daun pandan sering dimanfaatkan oleh para ibu-ibu rumah tangga. Tapi sebenarnya daun pandan ini mempunyai manfaat lain yang berkhasiat bagi kehidupan kita. Adapun manfaat daun pandan antara lain seperti berikut ini.

  • Mengobati rematik

Penyakit rematik adalah penyakit yang biasa diderita oleh orang tua. Nah, mereka mengobatinya dengan menggunakan daun pandan ini. Caranya adalah ambil 3 lembar daun pandan, kemudian potong daun tersebut. Kemudian campurkan dengan setengah cangkir minyak kelapa yang sudah dipanaskan. Diamkan sebentar, barulah digosokkan dan urut pada bagian yang sakit.

  • Mengobati pegel linu

Buat kamu yang mengalami pegal linu, cara ini bisa kamu terapkan. Caranya sperti ini, siapkan 5 lembar daun pandan dan 20 lembar daun serai. Tumbuk keduanya sampai halus. Setelah itu tambahkan 1 sendok makan minyak kayu putih dan minyak gandapura. Aduklah sampai rata dan gosok pada bagian yang sakit.

  • Mengatasi gelisah

Siapkan 2 lembar daun pandan dan iris tipis-tipis. Kemudian seduh dengan segelas air mendidih. Setelah dingin, saring airnya dan minum sekaligus. Lakukan cara ini 2 atau 3 kali sehari sampai kamu merasa tenang. Dengan begitu rasa gelisah tidak lagi menghampirimu.

  • Mengatasi darah tinggi

Bagi kamu ataupun kerabat dekat yang memiliki darah tinggi, maka sebaiknya manfaatkanlah daun pandan ini. Sebab daun pandan memiliki khasiat untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Caranya adalah dengan menyiapkan beberapa lembar daun pandan. setelah itu rebuslah daun tersebut. Ambil air rebusan tadi sekitar 2 gelas. Minumlah air racikan daun pandan ini 2 kali sehari yaitu saat pagi dan sore hari.

Itulah manfaat daun pandan bagi kesehatan dan cara mengobati penyakitnya. Semoga dapat bermanfaat bagi kamu semua.

NO COMMENTS

Tinggalkan Balasan