Beranda Berita Berkebun Bisa Mencegah Risiko Alzheimer

Berkebun Bisa Mencegah Risiko Alzheimer

235
0

RISIKO terserang Alzheimer tidak hanya dimiliki oleh orang-orang lanjut usia, karena siapapun memiliki risiko tersebut. Meskipun disebut-sebut sebagai penyakit yang sulit disembuhkan, namun ada berbagai kegiatan yang bisa mencegah risiko terkena Alzheimer.

Seperti yang dikutip oleh laman prevention.com, Journal of Alzheimer mempublikasikan sebuah riset yang mengungkap beberapa aktivitas sehari-hari dapat mengurangi risiko Alzheimer hingga 50%, seperti bermusik, jalan pagi, membersihkan rumah, atau berkebun.

Penelitian yang dilakukan terhadap 876 orang berusia rata-rata 78 tahun tersebut menunjukkan bahwa mereka yang gemar melakukan aktivitas fisik, terutama berkebun memiliki kemampuan otak yang menakjubkan. Risiko Alzheimer mereka pun rendah.

“Ini merupakan riset pertama dan kami menemukan aktivitas fisik, khususnya berkebun, mampu mengurangi risiko Alzheimer 50%. Orang-orang ini juga lebih bahagia dan sehat secara fisik dan psikis. Kemampuan mengingat mereka juga masih sangat mengesankan,” tutur Cyrus A. Raji, MD., PhD, salah peneliti dari riset tersebut.

Aktivitas fisik yang berkaitan dengan hobi juga dapat mengurangi risiko penyakit pikun ini. Menurut Nancy Ondra, penulis buku Perennial Matchmaker, jika seseorang melakukan kegiatan yang disukainya, maka ia akan memiliki tubuh sehat, semangat, dan tidak mudah lupa. Dengan demikian, risiko untuk terserang Alzheimer pun cenderung berkurang.

Jika di rumah ada halaman yang bisa dimanfaatkan untuk berkebun, tidak ada salahnya Anda memulai aktivitas yang satu ini. Karena riset telah membuktikan berkebun memiliki manfaat lebih dari yang Anda bayangkan. Selamat berkebun!

* An Nisaa Gettar, Relawan Kesehatan RS Ibnu Sina, Jakarta.

Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Artikel sebelumya4 Tipe Asuransi Yang Wajib Dimiliki!
Artikel berikutnyaEfek Jangka Panjang Dari Berat Badan Lahir Rendah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here