Bermasalah Dengan Usus? Ubah Gaya Hidup Anda!

Bermasalah Dengan Usus? Ubah Gaya Hidup Anda!

0 123

POLA makan masyarakat modern tidak jarang menimbulkan berbagai masalah pencernaan. Banyak faktor penyebabnya, seperti sering mengonsumsi makanan cepat saji, kurang olahraga, atau kekurangan serat.

Gangguan pun mulai bermunculan, mulai dari tekanan darah yang naik turun, konstipasi, diare, dan lain-lain. Sebelum kondisi semakin buruk, mengubah gaya hidup adalah keputusan terbaik. Mulailah mengatur pola makan, melakukan manajemen stres, meditasi, dan juga olahraga.

Berikut ini beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk mencegah gangguan di usus Anda serta dapat memperbaiki sistem pencernaan di tubuh Anda.

  1. Kurangi fast food, perbanyak fresh food. Tingkatkanlah konsumsi sayuran dan buah-buahan segar yang banyak mengandung serat dan vitamin.
  2. Hindari pemanis buatan, makanan berbahan kimia, MSG, dan kafein berlebih. Akan lebih baik jika Anda juga mulai mengganti gula tebu dengan gula jagung yang lebih rendah kalori.
  3. Perbanyak konsumsi makanan yang bagus untuk usus dengan menambahkan fermentasi ke menu diet Anda, seperti sauerkraut (kol asam), acar, atau yogurt.
  4. Tambahkan konsumsi air putih.
  5. Olahraga cukup dan teratur.
  6. Melakukan gerakan-gerakan ringan untuk meminimalisir stres.
  7. Jika Anda sedang dalam masa pengobatan, tanyakan pada dokter apakah obat yang Anda minum berpengaruh bagi aktivitas usus.
  8. Tambahkan suplemen probiotik, jika konsumsi makanan dengan bakteri baik Anda kurang.

Mengubah pola hidup tentunya tidak bisa dilakukan secara instan. Anda harus bersabar dan gigih mengikuti prosesnya. Dengan usus yang sehat, buktikan bagaimana kehidupan Anda begitu bersemangat beberapa tahun ke depan.

* An Nisaa Gettar, Relawan Kesehatan RS Ibnu Sina, Jakarta.

Sumber: http://gayahidup.inilah.com

NO COMMENTS

Tinggalkan Balasan