Beranda Berita Disiplin Saat Puasa Kunci Enyahkan Obesitas

Disiplin Saat Puasa Kunci Enyahkan Obesitas

195
0

Jakarta – Tidak sedikit orang yang merasakan berat badan bertambah banyak saat berpuasa. Hal tersebut karena tidak disiplin dalam mengatur pola makan.

Menurut dr. Errawan R. Wiradisuria, SpB(K)BD, orang yang tidak disiplin saat berpuasa dalam menjalankan pola makan akan cenderung obesitas. Ini sangat berbahaya. Masalah obesitas tidak hanya disebabkan karena masalah genetik tetapi juga karena lifestyle.

“Semua itu dari disiplin pola makan. Ada orang yang saat berbuka itu memindahkan makanan dari saat berbuka, setelah sholat Magrib, pukul 07.00 malam, 08.00 malam, dan kemudian tidur,” kata dr. Errawan R. Wiradisuria, SpB(K)BD, saat ditemui di Siloam Hospitals Kebon Jeruk, Jakarta, Selasa (07/06/2016).

Kemudian, masih menurutnya, ada juga orang yang saat berpuasa dan mengisi waktu selama berpuasa dengan banyak tidur dan santai. Hal ini tidak bermanfaat, karena kalori dalam tubuh tidak dibakar dengan baik.

“Lebih baik menjalankan aktivitas. Dengan menjalankan aktivitas, ini adalah salah satu cara untuk melupakan rasa lapar,” tambahnya.

Lebih lanjut dia menambahkan, pola makan saat berpuasa itu sangat baik. Perbedaan pola makan antara bulan Ramadhan saat berpuasa dan tidak adalah, terletak pada pengaturan makan setelah berbuka puasa.

“Sebetulnya waktunya hampir sama. hanya malam istirahat. kalau siang itu enggak ada masuk makanan, tapi bisa diisi dengan waktu kerja. jadi kalori kita tetap terpakai. Kalau malam makan tetapi tidak boleh balas dendam. Harusnya, jika pola makannya baik saat berpuasa, akan membuat lebih kurus atau berat badan menurun. Kalau balas dendam berarti makannnya terlalu banyak,” ungkapnya.

Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Artikel sebelumyaKenali Lebih Jauh Diabetes Mellitus
Artikel berikutnyaManfaat Konsumsi Coklat Untuk Wanita Hamil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here