Ini Dia Beberapa Perbedaan MPV Dan SUV Yang Perlu Diketahui

    31
    0

    Di Indonesia tren mobil sekarang ini tengah diliputi atmosfer peperang antara mobil MPV murah dengan SUV. Selama beberapa tahun belakangan ini, mobil MPV atau Multi Purpose Vehicle telah merajai industri otomotif didalam negeri. Tetapi kini MPV harus berhadapan dengan idola baru konsumen otomotif yaitu SUV atau Sport Utility Vehicle. Lalu mobil jenis apa yang akan dipilih oleh konsumen?

    Sebelum memutuskan akan memilih mobil yang mana, maka alangkah baiknya jika kita mengenal terlebih dahulu perbedaan antara jenis mobil MPV dan SUV. Berikut beberapa perbedaan MPV dan SUV yang perlu diketahui diantaranya yaitu :

    MPV Atau Multi Purpose Vehicle

    • Mobil jenis ini didesain supaya memiliki kemampuan untuk bisa mengangkut banyak penumpang. Jumlah penumpang yang bisa diangkut mobil ini biasanya 7 orang, dan bahkan hingga 8 atau 9 orang jika dipaksakan. Mobil jenis ini di Indonesia dikenal sebagai mobil keluarga yang bisa memuat banyak penumpang, sehingga tidak heran jika mobil ini menjadi favorit keluarga Indonesia. Terlebih mobil jenis MPV ini sudah banyak yang murah, sehingga tidak heran di Indonesia sekarang penjualan mobil ini merajai.
    • Jenis mobil MPV ini secara fisik mempunyai dimensi yang lebar dan juga panjang. Sehingga tidak mungkin mobil dengan dimensi kecil dan body terbatas dapat mengakomodasi banyak penumpang. MPV mempunyai kapasitas tempat duduk sebanyak 7 kursi dengan konfigurasi 2-2-3.
    • Mobil jenis SUV ini sesuai dengan namanya yang didalam bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai kendaraan serbaguna untuk berbagai tujuan, MPV masih bisa dimanfaatkan untuk meletakkan barang barang dengan ukuran kecil yang bisa disimpan di sela sela jok ataupun bagian belakang mobil. Selain itu mobil jenis ini juga bisa digunakan untuk membawa barang dengan jumlah yang relatif banyak. Hal ini dikarenakan bisa dilipatnya jok belakang mobil MPV sehingga ruang untuk meletakkan barang lebih banyak.

    SUV Atau Sport Utility Vehicle

    • Mobil jenis SUV ini konsepnya bisa dibilang merupakan gabungan antara jip, pikap, dan juga sedan. SUV ini dihadirkan sebagai kendaraan yang mempunyai kemampuan untuk melahap berbagai macam medan off road dan on road. Karakter jip yang ada pada mobil SUV ini kuat dan macho sehingga akan mampu melalui medan tanah, bebatuan, bukit, hingga pegunungan. Desain mobil SUV ini sangat kokoh dan tampak garang sehingga akan mampu melewati medan eksytim pegunungan di Indonesia.
    • SUV selain dibuat tangguh di segala medan tetapi juga mempunyai karakteristik mobil sedan pada saat mengangkut penumpang. Ciri khas lain dari SUV tanah air ini adalah kapasitas duduknya 4 orang dengan kenyamanan berkendara seperti berkendara menggunakan sedan. Dan bahkan sekarang ini munculnya SUV 7 seaters yang dihadirkan supaya bisa memuat penumpang lebih banyak. Selain kitu dihadirkannya mobil ini supaya konsumen tidak suka dengan MPV tetapi akan beralih ke mobil SUV.
    • Desain dari mobil SUV ini dibuat supaya mempunyai kemampuan untuk membawa barang dalam jumlah yang cukup banyak. Jika mobil akan digunakan untuk membawa barang lebih banyak maka kursi bagian belakangnya ada yang bisa dilipat. Jika diperlukan pada mode ini SUV bisa mengakomodir kebutuhan pikap yang kecil.

    Itulah beberapa perbedaan MPV dan SUV yang perlu diketahui. Sebenarnya perbedaan antara MPV dan SUV ini sudah sangat jelas, tetapi masih saja ada masyarakat awam yang banyak terkecok dan salah didalam mengenali kedua jenis mobil tersebut.

    Artikel sebelumyaPenting, Ukur Tekanan Darah Di Rumah
    Artikel berikutnyaLangkah-langkah untuk Investasi Reksadana dengan Mudah dan Aman

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here