Beranda Berita Ini Tips Memperlambat Kepikunan Pada Lansia

Ini Tips Memperlambat Kepikunan Pada Lansia

248
0

Jakarta – Banyak cara praktis untuk membuat para usia lanjut memiliki tubuh sehat dan bugar. Terlebih ketika mereka menginjak usia lanjut dan tidak mengalami kepikunan yang terlalu cepat.

Menurut ketua PERGEMI (Persatuan Gerontologi Medik Indonesia) Prof. Dr. dr. Siti Setiati, SpPD.K.Ger, M.Epid, FINASIM, ada beberapa cara terkait bagaimana mencegah dan memperlambat kepikunan. Salah satunya adalah dengan memberikan aktivitas otak atau brain exercise. Kemudian, masih menurutnya, Buatlah orangtua sehat secara fisik dan mental.

“Olahraga atau bergerak dapat membuat otak mendapat oksigen yang cukup. Kemudian konsumsi makanan sehat. Orangtua harus diberikan aktivitas untuk merangsang otaknya. Sampai tua manusia harus terus belajar. Salah satunya dengan mengisi teka teki silang (TTS). Kemudian bisa juga dengan belajar atau membaca sesuatu yang baru,” papar ketua PERGEMI (Persatuan Gerontologi Medik Indonesia) Prof. Dr. dr. Siti Setiati, SpPD.K.Ger, M.Epid, FINASIM saat ditemui di kantor Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, Kamis (26/05/2016).

Tidak hanya itu, bentuk kesibukan lainnya yang bisa dilakukan para orangtua adalah dengan bermain games, belajar menggunakan laptop, dan menggunakan aplikasi whatsapp. Siti Setiati menjelaskan, kegiatan tersebut dapat membuat otak bekerja dan terus berpikir sehingga tidak membuat proses pikun atau hilang ingatan lebih lamban.

“Ada orangtua yang bahagia dengan datang ke pengajian karena merasa tentram. Ada yang suka berdansa, asal jangan membuat jatuh karena kondisi tubuh orangtua sudah goyang. Karena setiap orang memiliki konsepsi kebahagiaan yang berbeda – beda,” tambahnya.

Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Artikel sebelumya5 Bumbu Dapur Ini Mampu Atasi Batuk Dan Demam
Artikel berikutnyaIni Yang Terjadi Pada Tubuh Ketika Anda Menangis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here