Jangan Biarkan Hipertensi Bertahan Di Tubuh

Jangan Biarkan Hipertensi Bertahan Di Tubuh

0 153

Jakarta – Jangan biarkan hipertensi mengganggu hidup Anda. Jika dibiarkan, hal ini akan merusak organ – organ tubuh Anda lainnya.

Mengapa hipertensi disebut silent killer? Karena sebagaian besar hipertensi tidak bergejala. Tekanan darah tinggi bisa merusak organ – organ tubuh yang berhubungan erat dengan pembuluh darah. Hipertensi adalah penyebab utama stroke, serangan jantung, dan gagal ginjal.

“Jika hipertensi dibiarkan selama 2 – 3 tahun, kemudian 5 tahun akan merusak organ – organ lainnya tanpa ada gejala,” kata dr. Rossana Barack SpJP(K), FIHA spesialis jantung dan pembuluh darah saat ditemui di Pfizer press circle, Jakarta, Kamis (23/06/2016).

Hipertensi masih menjadi salah satu masalah besar bagi kesehatan di Dunia dan di Indonesia. Menurut World Health Organization (WHO) tahun 2013, terdapat sekitar 9,4 juta kematian di seluruh dunia karena komplikasi hipertensi. Untuk mengatasi hal tersebut, dibutuhkan tatalaksana konsumsi makanan untuk mengatasi hipertensi.

Kurangi asupan garam, perbanyak sayur dan buah – buahan, olahraga teratur 30 – 60 menit, minimal 3 hari / minggu. Kemudian, kurangi konsumsi alkohol dan stop merokok, dan penurunan berat badan.

Sumber: http://gayahidup.inilah.com

NO COMMENTS

Tinggalkan Balasan