Keajaiban dan Manfaat Buah Mengkudu Bagi Tubuh

Keajaiban dan Manfaat Buah Mengkudu Bagi Tubuh

0 273
Keajaiban dan Manfaat Buah Mengkudu Bagi Tubuh

Bagi yang sedang mencari-cari tentang buah mengkudu, kami akan memberikan informasinya. Ya, buah mengkudu adalah buah yang bernama latin Morinda citrifolia. Buah ini cukup banyak mempunyai nama sebutan diantaranya adalah Pace Kemudu, Kudu (Jawa); cangkudu (Sunda), Kodhuk (Madura), Wengkudu (Bali) dan masih banyak lagi yang lainnya. Kandungan zat didalamnya mempunyai banyak manfaat bagi pengobatan suatu penyakit. Dan berikut ini akan kami rangkum manfaat buah mengkudu untuk pengobatan tradisional beserta cara menggunakannya.

Manfaat buah mengkudu:

 

  • Mengatasi hipertensi

Buat kamu yang mempunyai tekanan darah tinggi, Kamu bisa mengobatinya dengan racikan dari buah mengkudu. Caranya, siapkan 2 buah mengkudu yang sudah matang dengan 1 sendok makan madu. Kemudian, buah mengkudu diperas untuk diambil airnya. Setelah itu campurkan dengan madu. Mudah bukan? Kamu bisa melakukan cara ini dengan meminum racikan tersebut selama 2 hari sekali.

  • Menyembuhkan batuk

Jika kamu sedang mengalami batuk, cobalah untuk membuat obat sendiri dengan buah mengkudu. Caranya, siapkan 1 buah mengkudu dan ½ genggam daun poo (bujanggut). Setelah itu, rebuslah keduanya dengan dua gelas air. Kemudian, saringlah airnya dan minum 2 kali sehari setiap pagi dan juga sore hari.

  • Mengobati sakit perut

Tidak hanya buah mengkudu saja, tetapi daunnya juga berguna untuk mengobati sakit perut. Jika keluargamu atau kamu sendiri yang mengalami sakit pada bagian perut, tak ada salahnya membuat ramuan dari daun mengkudu. Caranya ambil 2 sampai 3 lembar daun mengkudu, setelah itu cuci dan tumbuk daunnya sampai halus. Kemudian tambahkan garam dan seduh dengan air panas. Setelah dingin, barulah airnya disaring dan diminum.

  • Mengobati sakit kuning

Untuk mengatasi sakit kuning, bahan yang perlu kamu siapkan adalah 2 buah mengkudu yang sudah matang dan 1 potong gula batu. Setelah itu peraslah buah mengkudu agar mendapatkan airnya. Jangan lupa untuk menambahkan madu dan mengaduknya sampai rata. Setelah itu saringlah airnya, diminum dan diulang 2 hari sekali.

  • Mengatasi demam, masuk angin, dan influenza

Caranya, 1 buah mengkudu dan 1 rimpang kencur direbus dengan air sebanyak 2 gelas. Kemudian saring dan minum air tersebut 2 kali dalam sehari yaitu saat pagi dan sore hari. Dengan begitu kamu akan terhindar dari masuk angin, flu ataupun demam.

Itulah beberapa manfaat buah mengkodu yang dapat anda rasakan, ketika anda mengkonsumsinya. Buah mengkudu ini juga dikenal dengan nama sebutan noni, tapi saat ini buah mengkudu sudah banyak dijadikan ekstrak dan dijual dengan berbgai kemasan. Entah itu sirup ataupun jus, kita dapat menemuinya dengan mudah.

NO COMMENTS

Tinggalkan Balasan