Khasiat dan Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Khasiat dan Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh

0 280
Khasiat dan Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Bawang putih, mendengar istilah ini mungkin sebagian besar orang akan berfikir tentang cerita rakyat bawang merah dan juga bawang putih. Ya, bawang putih selalu identik dengan bawang merah dan cukup sering dikaitkan dengan dongeng rakyat tersebut. Tapi kali ini kita tidak akan membahas tentang cerita rakyat bawang merah dan juga bawang putih. Melainkan bawang putih sebagai bumbu dasar untuk memasak. Kita tau bahwa bawang putih sering digunakan oleh ibu-ibu rumah tangga untuk membuat masakan sehari-hari. Bawang putih ini mempunyai khasiat bagi kesehatn tubuh kita. Oleh karena itu, bawang putih selalu digunakan dalam setiap masakan. Sebab bawang putih mempunyai sifat penyembuhan seperti antivirus, antibakteri, antijamur maupun analgesik. Adapun manfaat bawang putih bagi tubuh kita adalah:

Manfaat bawang putih untuk kesehatan:

 

  • Sebagai obat batuk dan influenza

Kandungan vitamin C dalam bawang putih dan juga sifatnya sebagai antivirus dan antibakteri, membuat bawang putih layak dikonsumsi dan dapat mengobati masuk angin batuk maupun flu.

  • Sebagai obat infeksi

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa didalam kandungan bawang putih yang bersifat antibakteri, antivirus maupun antijamur dapat mengobati dan menyembuhan macam-macam infeksi yang datang menghampiri penderita.

  • Meningkatkan kinerja otak

Senyawa yang ada didalam bawang putih, yaitu senyawa sulfur dan juga sallylcystein dapat membantu meningkatkan memori otak dan juga meningkatkan fungsi otak. Selain itu dapat mencegah terjadinya degenerasi lobus frontal otak.

  • Pengobatan impotensi

Bawang putih mempunyai enzim atau disebut sebagai nitrit oksida sintase yang berguna untuk mengatasi lemah syahwat. Jadi dengan memanfaatkan bawang putih ini dapat mengatasi masalah impotensi. Sebab bawang putih juga bersifat afrodisiak.

  • Mengatasi diabetes

Bagi kamu yang mempunyai penyakit diabetes, mengkonsumsi bawang putih setiap hari sebaiknya dilakukan. Sebab dengan cara ini akan meningkatkan tingkat sekresi insulin yang berguna untuk mengatur kadar gula darah yang dialami oleh penderita diabetes.

  • Sebagai pencegah penyakit kanker

Menurut penelitian, senyawa didalam bawang putih berkhasiat untuk membantu sel-sel darah putih dalam mempertahankan tubuh terhadap sel-sel kanker. Selain itu juga bawang putih dapat memperlambat pertumbuhan dan penyebaran sel-sel kanker.

Nah, itu tadi hanya sebagian dari manfaat bawang putih bagi kesehatan tubuh kita. Masih ada lagi manfaat dan khasiat lainnya dari bawang putih ini. Walaupun mempunyai bau yang menyengat, namun bawang putih mampu mengobati penyakit yang dialami oleh penderita termasuk juga penyakit berbahaya.

 

NO COMMENTS

Tinggalkan Balasan