Beranda Berita Kulit Pisang Lebih Bernutrisi Ketimbang Buahnya

Kulit Pisang Lebih Bernutrisi Ketimbang Buahnya

162
0

APAKAH Anda tahu bahwa kulit pisang tiga kali lipat lebih bernutrisi dibandingkan buah (dagingnya) pisang itu sendiri?

Melansir dari Lifehack, berikut ini mengapa kulit pisang sangat bagus untuk kesehatan, antara lain:

1. Menurunkan kolesterol

Kolesterol dalam tubuh dapat menurun dengan meningkatkan asupan serat, yang juga bisa mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Kulit pisang mengandung serat yang mudah dicerna, dibandingkan daging buahnya.

2. Mengandung banyak elektrolit

Potasium dan elektrolit berperan dalam mebentuk otot, metabolisme karbohidrat, dan mengatur keseimbangan asam dalam tubuh. Kulit pisang adalah salah satu sumber terbaik potassium dan elektrolit.

3. Membuat Anda lebih bahagia

Kulit pisang memiliki tingkat serotonin tinggi, yang memiliki peran penting dalam keseimbangan mood. Kekurangan serotonin dapat membuat seseorang depresi, namun kelebihan juga membuat seseorang pusing.

4. Membuat tidur Anda lebih baik

Tryptophan yang terkandung pada kulit pisang adalah bahan yang sama pada obat dokter untuk mengatasi gangguan tidur. Jika Anda mengalami insomnia, cobalah untuk memakan pisang tanpa mengupasnya.

5. Melangsingkan

Kulit pisang tidak hanya kaya akan serat dan nutrisi, tetapi juga rendah kalori yang dapat mempertahankan tubuh langsing Anda.

6. Membantu mencegah kanker

Kandungan antioksidan pada kulit pisang dapat menjaga sel dalam tubuh dari ancaman mutasi sel yang dapat menyebabkan kanker.

7. Menguatkan sel darah merah

Sel darah merah berperan dalam mengangkut oksigen ke jaringan-jaringan tubuh. Kulit pisang mengandung nutrisi yang dapat menguatkan sel darah merah dalam mengoptimalkan fungsinya tersebut.

8. Menjaga kesehatan mata

Kulit pisang dapat menjaga mata Anda tetap sehat karena kandungan lutien-nya. Lutien adalah zat yang dapat meningkatkan kemampuan melihat dalam gelap, sehingga dapat mencegah katarak, dan degenarasi makula.

9. Meningkatkan sistem imun

Kulit pisang kaya akan serat yang dapat menghasilkan bakteri probiotik pada usus, sehingga dapat melancarkan proses detoks dan meningkatkan sistem imun.

Ada berbagai cara untuk memakan kulit pisang. Seperti dimakan mentah, direbus, atau dibuat menjadi jus. Tapi pastikan kulit pisang tersebut adalah organik. Hal ini mencegah dari masuknya pestisida, insektisida, atau bahan berbahaya lainnya ke dalam tubuh.

Selamat mencoba!

* An Nisaa Gettar, Relawan Kesehatan RS Ibnu Sina, Jakarta.

Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Artikel sebelumyaPemprov Undang Wartawan Dunia Jalan-jalan Di Babel
Artikel berikutnyaLima Cara Atasi Migrain Dengan Baik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here