Beranda Berita Lima Fakta Tentang Varises

Lima Fakta Tentang Varises

277
0

Biasanya varises muncul di paha atau bagian kaki lainnya. Namun, ternyata varises bisa juga muncul di bagian tubuh yang lain. Disampaikan oleh Jennifer Watson dari Spectrum Medical Group Vein Center bahwa varises bisa muncul di leher, dada, atau wajah. Gangguan pada pembuluh darah ini bisa muncul di bagian tubuh mana saja.

Jeffrey G. Carr dari Vein Center of East Texas menyatakan bahwa hampir 805 penderita varises memiliki orangtua atau kerabat yang juga mengalami varises. Hal ini menunjukkan bahwa genetik menjadi faktor utama, meskipun ada juga faktor lainnya seperti obesitas, penuaan, atau kehamilan.

Jennifer Watson mengatakan bahwa jika pembuluh darah balik (vena) di bagian tertentu rusak, maka besar kemungkinan akan terjadi kerusakan di bagian lainnya. Karena itu, jika seseorang mengalami varises di satu tempat, akan muncul varises di tempat lainnya.

Hal ini diungkapkan oleh Jeffrey G. Carr bahwa varises dapat terjadi karena alergi kosmetik atau adanya kondisi kesehatan tertentu. Selain itu menggaruk kulit dengan kasar pada saat hamil atau menstruasi juga dipercaya dapat menjadi penyebab munculnya varises.

Para peneliti menilai jika gaya hidup buruk, seperti makan sembarangan, jarang olahraga, duduk atau berdiri terlalu lama, dapat memperbesar risiko terjadinya varises. Sebaliknya, menjaga pola makan yang baik, cukup gerak, banyak minum air putih, dan olahraga teratur dapat mencegah seseorang terkena varises.

* An Nisaa Gettar, Relawan Kesehatan RS Ibnu Sina, Jakarta.

Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Artikel sebelumyaIni Lho Cara Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah yang Tepat
Artikel berikutnyaBelanja Online Bikin Hemat? Ini Cuma Ada di Excite Shop & Dapatkan Voucher Belanja di Excite Point

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here