Beranda Berita Lima Tips Aman Jalankan Puasa

Lima Tips Aman Jalankan Puasa

214
0

Jakarta – Berpuasa sangat bermanfaat untuk tubuh. Dengan berpuasa, tidak hanya mendapatkan pahala karena menjalankan ibadah, namun juga sangat berguna untuk kesehatan.

Menurut Dr. Epistel P. Simatupang, SpPD, dari Rumah Sakit Siloam Hospital Kebon Jeruk, terdapat lima tips agar puasa lancar dan metabolisme tubuh tetap terjaga saat berpuasa. Ini penting, agar saat berpuasa tidak menimbulkan banyak penyakit karena tidak terkontrolnya asupan makanan saat berbuka.

Berikut adalah lima tips agar puasa lancar menurut Dr. Epistel P. Simatupang, SpPD, dari Rumah Sakit Siloam Hospital Kebon Jeruk, Selasa (07/06/2016).

1. Asupan gizi seimbang

Asupan gizi seimbang sangat penting diperhatikan. Saat konsumsi makanan, usahakan Idealnya karbohidrat 60 persen, protein 20 persen lemak 15 – 20 persen. Jangan lupa konsumsi buah dan sayur agar tubuh tidak kekurangan serat.

2. Minum air putih 6- 8 gelas

Ini sangat penting, agar ketika menjalankan ibadah puasa, tubuh Anda tidak kekurangan cairan.

3. Tidur yang cukup

Mendapatkan tidur yang cukup agar tekanan darah tetap stabil. Jangan, terlalu banyak tidur saat berpuasa, tetaplah menjalankan aktivitas seperti biasanya, agar kalori dalam tubuh tetap terbakar dengan baik.

4.Olahraga secukupnya

Menjalankan olaharaga secukupnya saat berpuasa juga tidak boleh dilewatkan. Anda bisa menjalankan olahraga ringan seperti berjalan kaki menjelang berbuka puasa. Ini bisa dilakukan setidaknya 30 menit setiap hari, atau lima kali dalam seminggu.

5. Hindari rokok kopi, atau suplemen stimulan lainnya.

Untuk konsumsi kopi itu, dapat mengiritasi lambung. Berpuasa harus tetap menjaga tubuh tetap sehat.

Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Artikel sebelumyaLima Makanan Penting Tingkatkan Fungsi Otak
Artikel berikutnyaManfaat Bengkuang Untuk Kulit Wajah Sensitif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here