Beranda Kesehatan Makanan yang Berbahaya bagi Penderita Kolesterol

Makanan yang Berbahaya bagi Penderita Kolesterol

138
0
Kolesterol saat ini menjadi penyakit yang tidak hanya menyerang orang tua. Belakangan, orang yang masih berusia muda juga mulai mengalami penyakit ini. Penyakit kolesterol ini sebenarnya dipicu oleh asupan makanan yang tidak sehat dan seimbang. Karena itu, untuk mengurangi resiko kolesterol, anda perlu mengetahui makanan untuk penderita kolesterol, Selain itu, gaya hidup yang salah dan kebiasaan buruk sehari-hari juga menjadi penyebab munculnya kolesterol tinggi. Bagi anda yang sudah terlanjur memiliki kolesterol tinggi, anda perlu memperhatikan beberapa makanan untuk penderita kolesterol yang wajib dihindari agar kolesterol anda tidak semakin parah: 1. Daging kambing Sejak lama, daging kambing memang menjadi salah satu penyebab timbulnya kolesterol tinggi yang cukup terkenal. Karena itu, bagi anda yang mengalami kolesterol, sebaiknya anda menghindari untuk mengkonsumsi daging kambing. Selain itu, jeroan kambing atau sapi juga menjadi makanan yang wajib anda hindari. 2. Seafood Makanan seperti cumi, kepiting, udang, kerang, siput, serta beberapa macam makanan seafood lainnya juga sebaiknya anda hindari. 3. Makanan bersantan Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung santan dapat membuat kolesterol anda semakin parah. 4. Olahan susu Selain jeroan sapi, makanan olahan susu juga sebaiknya anda hindari. Karena itu, keju, susu sapi, dan mentega sebaiknya tidak anda konsumsi dalam jumlah yang terlalu banyak, atau anda hindari sama sekali. 5. Kuning telur Kuning telur memiliki banyak kandungan lemak yang tidak baik untuk dikonsumsi oleh orang yang memiliki kolesterol tinggi. Jika anda ingin mengkonsumsi telur, maka sebaiknya anda menyisihkan bagian kuning telurnya. Itulah makanan untuk penderita kolesterol yang wajib anda hindari. Selain menjaga makanan yang dikonsumsi, seorang penderita kolesterol juga perlu untuk menjaga pola hidup dengan melakukan olahraga secara teratur dan menghindari hal-hal yang dapat menimbulkan stress. Dengan melakukan olahraga secara teratur, maka kandungan kolesterol jahat dalam darah anda dapat berkurang dan kolesterol baik dalam darah anda akan semakin meningkat. Selain itu, jika anda memiliki pola hidup yang kurang sehat seperti merokok, mengkonsumsi kopi, atau merokok, maka sudah waktunya bagi anda untuk mengurangi bahkan meninggalkan gaya hidup yang tidak sehat seperti itu.

Kolesterol saat ini menjadi penyakit yang tidak hanya menyerang orang tua. Belakangan, orang yang masih berusia muda juga mulai mengalami penyakit ini. Penyakit kolesterol ini sebenarnya dipicu oleh asupan makanan yang tidak sehat dan seimbang. Karena itu, untuk mengurangi resiko kolesterol, anda perlu mengetahui makanan untuk penderita kolesterol, Selain itu, gaya hidup yang salah dan kebiasaan buruk sehari-hari juga menjadi penyebab munculnya kolesterol tinggi.

Bagi anda yang sudah terlanjur memiliki kolesterol tinggi, anda perlu memperhatikan beberapa makanan untuk penderita kolesterol yang wajib dihindari agar kolesterol anda tidak semakin parah:

  1. Daging kambing

Sejak lama, daging kambing memang menjadi salah satu penyebab timbulnya kolesterol tinggi yang cukup terkenal. Karena itu, bagi anda yang mengalami kolesterol, sebaiknya anda menghindari untuk mengkonsumsi daging kambing. Selain itu, jeroan kambing atau sapi juga menjadi makanan yang wajib anda hindari.

  1. Seafood

Makanan seperti cumi, kepiting, udang, kerang, siput, serta beberapa macam makanan seafood lainnya juga sebaiknya anda hindari.

  1. Makanan bersantan

Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung santan dapat membuat kolesterol anda semakin parah.

  1. Olahan susu

Selain jeroan sapi, makanan olahan susu juga sebaiknya anda hindari. Karena itu, keju, susu sapi, dan mentega sebaiknya tidak anda konsumsi dalam jumlah yang terlalu banyak, atau anda hindari sama sekali.

  1. Kuning telur

Kuning telur memiliki banyak kandungan lemak yang tidak baik untuk dikonsumsi oleh orang yang memiliki kolesterol tinggi. Jika anda ingin mengkonsumsi telur, maka sebaiknya anda menyisihkan bagian kuning telurnya.

Itulah makanan untuk penderita kolesterol yang wajib anda hindari. Selain menjaga makanan yang dikonsumsi, seorang penderita kolesterol juga perlu untuk menjaga pola hidup dengan melakukan olahraga secara teratur dan menghindari hal-hal yang dapat menimbulkan stress. Dengan melakukan olahraga secara teratur, maka kandungan kolesterol jahat dalam darah anda dapat berkurang dan kolesterol baik dalam darah anda akan semakin meningkat.

Selain itu, jika anda memiliki pola hidup yang kurang sehat seperti merokok, mengkonsumsi kopi, atau merokok, maka sudah waktunya bagi anda untuk mengurangi bahkan meninggalkan gaya hidup yang tidak sehat seperti itu.

Artikel sebelumyaMenkes RI Tekankan Masyarakat Berhenti Merokok
Artikel berikutnya10 Cara Enyahkan Bintik Pada Wajah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here