Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh

0 286
Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh

Buah sirsak mempunyai nama latin yaitu Anona Muricata. Di Indonesia nama sirsak sendiri berasal dari bahasa Belanda yaitu Zuurzak yang artinya adalah kantung yang rasanya asam. Di dalam buah sirsak terdiri dari 67,5% daging buah, 20% kulit buah, 8,5% biji buah dan 4% inti buah. Selain itu, kandungan terbanyak dalam sirsak adalah karbohidrat yaitu gula pereduksi (gluktosa dan fruktosa) dengan kadar 81,9-93,6% dari kandungan gula total. Selain itu, vitamin C dan kandungan mineral didalamnya penting untuk pembentukan tulang yang kuat dan dapat menghambat osteoporosis. Tidak sampai disini saja, karena keunggulan dari buah sirsak lainnya adalah kadar sodium (natrium) yang rendah (14 mg per 100 g), tetapi tinggi potasium (kalium) yaitu 278 mg per 100 g. Itulah kenapa buah sirsak sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Adapun manfaat buah sirsak adalah:

  • Mencegah kanker

Mengkonsumsi buah sirsak dapat membantu mencegah terjadinya penyakit mematikan seperti kanker. Sebab kandungan didalam buah sirsak yaitu annonaceous acetogenenins merupakan zat yang berperan untuk menangkal serangan kanker dan juga virus seperti kanker payudara, usus besar, prostat, paru-paru dan masih banyak lagi.

  • Melancarkan buang air kecil

Meminum jus buah sirsak dapat mengatasi haematuria, yaitu bercampurnya sel darah putih dalam urin dan penyakit hati ringan. Selain itu jus buah sirsak juga berkhasiat untuk mengatasi masalah buang air yaitu dapat melancarkan buang air kecil.

  • Menjaga kesehatan tulang

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa, mengkonsumsi buah sirsak dapat membantu menjaga kesehatan tulang kita. Ya, selain mengandung fosfor dan kalsium, buah sirsak juga kaya akan mineral seperti tembaga. Dengan demikian ini dapat membantu penyerapan kalsium ke dalam tulang, sehingga tulangmu tetap tercukupi kebutuhan nutrisinya.

  • Meningkatkan energi

Jika kamu lelah setelah beraktivitas seharian itu wajar, tapi tentu ini harus segera diatasi bukan? Nah, cobalah untuk memakan buah sirsak ini, buah sirsak juga dipercaya untuk membuat tubuh kembali bugar. Sebab kandungan thiamin didalamnya berguna untuk meningkatkan energi. Selain itu, aroma segarnya bisa membuat mood kembali ceria.

  • Meredakan migrain

Kandungan ribovlavin atau vitamin B12 mempunyai kemampuan yang efektif dalam mengatasi gejala migrain yang bisa menyerang kapan saja. Maka jika kamu mengalami sakit kepala migrain, coba saja dengan mengkonsumsi buah sirsak ini.

Nah, bagaimana info mengenai manfaat daun sirsak? Sirsak kaya akan manfaatnya bukan? Maka cobalah memulai hidup sehat dengan mengkonsumsi buah ini.

NO COMMENTS

Tinggalkan Balasan