Mari Mengajak Remaja Belajar Menabung dengan Cara yang Mudah

    0 105
    Mari Mengajak Remaja Belajar Menabung dengan Cara yang Mudah

    Siapa yang pertama kali mengajarkan Anda menabung?

    Orang tua tentu menjadi tempat belajar pertama bagi anak-anaknya, terutama mengenai hal-hal yang tidak diajarkan di sekolah. Salah satu hal paling penting yang mesti dipahami anak adalah cara menabung yang benar.

    Belum terlambat bila Anda ingin mengajarkan cara menabung kepada anak-anak yang sudah remaja. Ikuti cara ini agar anak semakin rajin menabung dan cermat mengelola keuangan:

    Jangan Menunjukkan Sikap Konsumerisme

    Anak-anak pasti meniru hal-hal yang dilakukan orangtuanya. Oleh sebab itu, Anda pun tak boleh menunjukkan sikap konsumerisme. Dalam mengelola keuangan, berusahalah menjadi pribadi yang lebih cermat. Tak perlu melakukan gaya hidup atau membeli barang-barang yang tak dibutuhkan. Hal ini akan menjadi contoh besar bagi anak-anak yang sedang belajar mengelola keuangan.

    Harus Memiliki Rekening Tabungan Sendiri

    Semua orang harus memiliki rekening tabungan sendiri, tak terkecuali para remaja. Saat ini banyak pilihan tabungan untuk anak di bawah umur yang tidak dikenakan biaya administrasi. Ajaklah anak-anak untuk menyisihkan uang jajannya dan membuka tabungan pribadi di bank terpercaya. Biarkan anak-anak menjadi pribadi yang mandiri dan bertanggung jawab terhadap tabungannya sendiri. Sembari terus mendapatkan pengawasan dan bimbingan dari Anda.

    Investasi Pun Patut Dimulai Sedini Mungkin

    Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan investasi online yang digagas oleh Mekar.id. Karena Mekar.id memang menjadi perantara investasi yang aman dan menguntungkan. Tetapi untuk remaja, Anda bisa memilihkan sistem investasi untuk pemula. Pilihan investasi yang cocok bagi remaja dapat berupa emas atau tabungan deposito.

    Biarkan Anak Memenuhi Keinginannya Sendiri

    Agar anak-anak memahami pentingnya pengelolaan keuangan secara cermat, sesekali biarkan anak yang beranjak remaja tersebut memenuhi keinginannya sendiri. Misalnya, ketika ia hendak membeli barang-barang yang diinginkannya untuk tujuan hiburan. Dengan demikian, anak-anak pun akan lebih menghargai suatu barang yang dia beli dengan uang tabungannya sendiri. Kemungkinan besar anak tersebut lebih teliti menggunakan uang tabungannya di lain kesempatan.

    Ternyata tak sulit kan menjadi teladan yang baik bagi remaja untuk urusan keuangan. Karena tak ada kata terlambat, mari mulai mengajak remaja belajar menabung dari sekarang.

    NO COMMENTS

    Tinggalkan Balasan