Beranda Berita Mengapa Kita Merasa Kesepian?

Mengapa Kita Merasa Kesepian?

214
0

APAKAH Anda pernah merasakan kesepian? Lalu merasa butuh seseorang untuk bisa mengisi kekosongan yang Anda rasakan? Tenang! Anda tidak sendiri.

Sebagian besar orang pasti pernah merasakan apa yang disebut dengan kesepian. Namun, banyak dari mereka yang tidak tahu penyebab sebenarnya. Ada beberapa hal yang biasanya diyakini sebagai faktor rasa kesepian.

Misalnya ada perasaan orang-orang di sekeliling saya tidak perhatian, saya tidak punya teman, saya bosan, tidak ada hal yang menarik, pekerjaan saya tidak memuaskan, saya tidak cukup sukses, saya tidak punya uang yang cukup dan tidak ada satu orang pun yang bisa saya ajak pergi di akhir pekan.

Namun, ternyata itu semua bukan penyebab sebenarnya seseorang merasa kesepian. Melansir dari huffingtonpost.com, penyebab sebenarnya dari rasa kesepian adalah sikap tidak mencintai diri sendiri. Kesepian hadir karena hilangnya ikatan jiwa dalam diri kita.

Ketika seseorang menyalahkan diri sendiri, menolak perasaan dan hanya mengandalkan logika, membunuh perasaan dengan melakukan hal-hal yang adiktif, dan pada akhirnya meminta orang lain bertanggung jawab untuk mencintai Anda, di sinilah Anda akan merasakan kesepian. Karena keengganan untuk mencintai diri sendiri, Anda menjadi penyebab dari kesepian yang Anda rasakan.

Luka yang terbentuk pada ego Anda penuh dengan keyakinan palsu yang bergantung pada siapakah diri Anda. Dengan keyakinan yang tidak benar tersebut, Anda melihat diri Anda yang tidak dicintai, tidak penting, egois, tidak baik, dan selalu salah. Sebenarnya itu hanyalah persepsi yang Anda bentuk sendiri, bukan berdasarkan pada kenyataan,

Lalu, bagaimana kita mengatasi rasa kesepian tersebut? Kebenaran tentang siapa Anda sesungguhnya datang dari hati nurani dan jiwa Anda. Jika Anda menerima diri Anda dengan baik, Anda akan menemukan cara yang tepat tentang bagaimana seharusnya Anda mencintai diri Anda, yang pada akhirnya akan membawa Anda pada keutuhan jiwa dan kebahagiaan. Anda tidak akan lagi merasa kesepian.

Hal ini bisa dilakukan dengan menggeser persepsi Anda, dari menghindari tanggung jawab atas perasaan Anda pribadi, menjadi selalu belajar bagaimana Anda harus mencintai diri Anda sendiri. Mulailah dengan hal sederhana seperti meningkatkan kualitas ibadah. Ibadah merupakan bentuk Anda mencintai diri Anda sebagai makhluk Tuhan. Secara perlahan, Anda pasti akan merasa jiwa Anda utuh dan selalu dicintai.

* An Nisaa Gettar, Relawan Kesehatan RS Ibnu Sina, Jakarta.

Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Artikel sebelumyaTips Mengatasi Uban dengan Bahan Alami yang Effektif
Artikel berikutnyaEnduro Furniture Office Terbaik Saat Ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here