Beranda Berita Mengenal Kandungan Dan Khasiat Buah Kurma

Mengenal Kandungan Dan Khasiat Buah Kurma

253
0

BUAH kurma memiliki manfaat yang sangat besar bagi manusia. Manfaat itu tetap bisa dirasakan semua orang meskipun buah itu dimakan ditempat yang jauh dari habitat aslinya yakni di kawasan Mediterania.

Penelitian kimia dan biologi menunjukkan bahwa bagian yang dapat dimakan dari sebutir kurma mencapai 85 hingga 87 persen. Dimana kandungan dalam sebutir kurma terdapat sekitar 20-24% air, 70-75% gula, 2-3% protein, 8,5% serat, juga terdapat sejumlah materi lainnya seperti lemak.

Beberapa penelitian lain menunjukkan bahwa kurma basah mengandung 65-70% air, itu dihitung dari berat bersihnya. Kandungan gula sekitar 24-58%, protein sekitar 2-2,1%, kandungan serat sekitar 5,55 %, dan sisa nya berupa kandungan lemak.

Dr. Ahmad Abdurauf Hisyam menyebutkan beberapa poin khasiat dari buah kurma, antara lain :

  1. Mengkonsumsi buah kurma basah atau kurma kering akan memberikan asupan zat gula kepada tubuh , sehingga gejala kekurangan akan segera hilang dan semua perangkat tubuh bisa kembali beraktivitas. Manfaat ini akan sangat baik terutama untuk orang yang berpuasa.
  2. Lambung yang kosong dari makanan akan mudah menyerap zat gula yang terkandung dalam kurma dengan mudah dan cepat.
  3. Perangkat pencernaan dapat dengan mudah mencerna dan menyerap zat gula pada kurma karena komponen kimiawi nya yang sederhana, sehingga kadar gula dalam darah dapat meningkat dengan cepat.
  4. Kandungan air yang cukup banyak pada kurma dapat memenuhi kebutuhan tubuh terhadap air sehingga kita tak perlu minum air terlalu banyak.
  5. Kandungan vitamin A dan vitamin B1 dalam kurma bermanfaat untuk menguatkan jaringan saraf. Sedangkan kandungan fosfor didalamnya baik untuk meningkatkan fungsi kelenjar thyroid yang merupakan sumber energi untuk sel-sel daraf dalam otak.
  6. Vitamin B dalam kurma berguna untuk menyembuhkan penyakit liver, sembelit, dan kulit kering. Sedangkan untuk penyakit empedu, radang lambung, dan sakit perut dapat juga disembuhkan dengan mengkonsumsi buah ini karena kandungan vitamin B1, B2, dan juga nisin di dalamnya.

Beberapa manfaat buah kurma di atas baru sebagian kecil, masih banyak kandungan yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh kita dari buah yang hanya tumbuh di Negara Arab tersebut. Mulai dari sekarang ada baiknya untuk memasukkan buah ini dalam salah satu list buah-buahan kita ya.

Selamat sehat

* Chairunnisa Dhiee, Relawan Kesehaan RS Ibnu Sina, Jakarta.

Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Artikel sebelumyaApakah Anda Sedang Menderita Penyakit Darah Tinggi? Konsumsilah 5 Jenis Makanan Ini
Artikel berikutnyaInilah 4 Bagian-bagian Yang Bisa Membuat Wanita Terangsang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here