Beranda Berita Menghadang Migrain Sebelum Menyerang

Menghadang Migrain Sebelum Menyerang

163
0

LANGKAH medis memang cara terbaik untuk mencegah atau mengobati migrain. Namun, gaya hidup sehat dan melakukan beberapa teknik sederhana dalam aktivitas sehari-hari juga dapat menghindarkan migrain datang menyerang kepala Anda.

Seperti yang dilansir pada laman mayoclinic.org berikut.

Menciptakan suasana yang tenang

Saat merasakan tanda awal migrain, cobalah beberapa hal berikut yang bisa membuat Anda lebih tenang dan nyaman.

1. Matikan lampu. Rasa sakit migrain seringkali meningkat seiring dengan adanya cahaya lampu yang terlalu benderang atau suara yang terlalu bising. Matikan lampu, lalu cobalah untuk memejamkan mata.

2. Melakukan terapi suhu tubuh. Letakkan kompres hangat atau dingin pada kepala dan leher Anda. Kompres dingin dapat memberikan efek mati rasa, sehingga akan menghilangkan rasa sakit di kepala. Sedangkan kompres hangat dapat membuat otot lebih rileks. Mandi dengan air hangat juga dapat memberikan efek yang sama.

3. Menyesap kopi. Dalam ukuran kecil/sedikit, kandungan kafein dapat meringankan rasa sakit saat migrain. Tapi meminumnya berlebihan juga dapat menyebabkan migrain kembali datang di kemudian hari.

Tidur dengan baik

1. Migrain mungkin membuat Anda sulit mengantuk dan mudah terbangun saat tidur. Namun, migrain sendiri bisa jadi disebabkan karena kondisi kurang tidur. Berikut beberapa tips agar Anda bisa tidur dengan nyenyak.Mengatur jam tidur. Tidur dan bangun tidurlah dengan jam yang sama setiap harinya, bahkan saat akhir pekan. Jika ingin tidur siang hari, lakukan dengan singkat. Tidur lebih dari 20 menit hanya akan membuat Anda sulit tidur di malam hari.

2. Rileks menjelang tidur. Lakukan segala sesuatu yang bisa membuat Anda nyaman sebelum tidur, seperti mendengarkan musik, membaca buku, atau berendam dengan air hangat.

3. Mengurangi distraksi. Ciptakan ruang tidur yang tenang. Jangan menyalakan televisi atau membawa pekerjaan ke atas tempat tidur. Tutup pintu kamar untuk meredam suara-suara bising dari luar.

4. Jangan memaksakan diri untuk tidur. Semakin Anda memaksakan diri, semakin sulit Anda tidur. Cobalah beberapa aktivitas yang bisa membuat kantuk, misalnya membaca buku.

Makan dengan bijak

Pola makan Anda dapat berpengaruh pada datang tidaknya migrain. Pertimbangkan konsep dasar berikut:

  1. Konsisten. Makanlah pada jam yang sama setiap harinya.
  2. Jangan lupa makan. Tidak sengaja tidak makan selama beberapa jam dapat memicu migrain datang.
  3. Perhatikan makanan Anda. Ingat dengan baik jika makanan tertentu ternyata membuat Anda migrain, sehingga lain waktu Anda dapat menghindarinya.

*An Nisaa Gettar, Relawan Kesehatan RS Ibnu Sina, Jakarta.

Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Artikel sebelumyaBuah Buahan Yang Bermanfaat Untuk Ibu Hamil Muda
Artikel berikutnya3 Cara Alami Paling Ampuh Untuk Mengatasi Ejakulasi Dini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here