Beranda Berita Minum Air Putih Dingin Tak Baik Untuk Kesehatan?

Minum Air Putih Dingin Tak Baik Untuk Kesehatan?

321
0

SUDAH cukup lama diperdebatkan apakah minum air dingin untuk kesehatan baik atau tidak. Ada yang mengatakan meminum air dingin dapat merusak sistem imun, ada yang mengatakan tidak, ada juga yang tidak terlalu mempermasalahkan.

Adalah orang-orang China yang pertama kali mengetahui bahwa meminum air dingin, khususnya setelah makan, tidak baik untuk kesehatan, terlebih bagi proses pencernaan. Kemudian, pertanyaan yang muncul adalah bagaimana air dingin berpengaruh atau menghambat proses pencernaan dalam tubuh?

Anda tentu mengetahui fakta bahwa air hangat dapat menyebabkan pori-pori kulit terbuka, sedangkan sebaliknya, air dingin dapat menyebabkan pori-pori kulit menutup. Kondisi yang sama terjadi ketika kita meminum air dingin. Melansir dari stylecraze.com, air dingin yang kita minum akan menghambat sistem pencernaan dalam tubuh, sehingga proses pencernaan menjadi tidak lancar. Karena sistem pencernaan yang terhambat, akhirnya tubuh kesulitan dalam memperoleh asupan protein dan nutrisi untuk organ lainnya sehingga berujung pada fungsinya yang tidak optimal.

Dalam hal ini, seluruh badan kita jadi terkena dampak air dingin yang kita minum. Enzim dalam tubuh akan bekerja dengan baik pada suhu antara 37-42 derajat Celcius, dan ketika kita meminum air dingin proses pemanasan cairan yang masuk dalam tubuh akan menghabiskan banyak energi. Energi ini seharusnya dapat digunakan untuk mencerna makan. Jika kita minum air dingin, proses pencernaan akan bekerja lebih lama, sehingga kita pun akan cepat mudah lelah.

Selain itu, meminum air dingin setelah makan dikatakan dapat menghasilkan sejenis lendir (mucus) yang berlebihan dalam tubuh dan dapat melemahkan sistem imun, sehingga tubuh kita akan mudah terkena demam atau flu. Kadang-kadang hal tersebut juga menyebabkan dehidarasi.

Itulah kenapa orang China memiliki kebiasaan meminum teh hangat setelah makan. Alasan di balik itu adalah air hangat dapat meperlancar sistem pencernaan sehingga tubuh kita dapat menyerap nutrisi dan energi dari makanan yang kita makan dengan lebih baik.

* An Nisaa Gettar, Relawan Kesehatan RS Ibnu Sina, Jakarta.

Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Artikel sebelumya5 Manfaat Kesehatan Memiliki Hewan Peliharaan
Artikel berikutnyaIni Dia Cara Menghilangkan Kantung Mata yang Tepat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here