Obat Gatal yang Dapat Dipergunakan Sehari-hari

Obat Gatal yang Dapat Dipergunakan Sehari-hari

0 320
Obat Gatal

Gatal merupakan salah satu reaksi tubuh ketika terdapat suatu senyawa masuk ke tubuh atau ketika kulit mengalami kontak dengan suatu benda seperti bulu ulat. Biasanya, jika mengalami gatal, hampir setiap orang akan menggaruknya. Namun jika digaruk terus dan bahkan digaruk dengan kencang akan menimbulkan masalah sendiri bagi kulit misalnya kulit menjadi ruam bahkan dapat menimbulkan luka baru. Sehingga, untuk mengobatinya, Anda harus menggunakan obat gatal ketika rasa gatal yang Anda miliki tidak dapat tertahan lagi atau terjadi dalam intensitas sering.

Terdapat jenis obat yang dipergunakan untuk mengatasi rasa gatal. Misalnya untuk jenis gatal yang disebabkan karena alergi, Anda dapat menggunakan kunyit sebagai bahan utamanya. Bumbu dapur yang dapat memberikan warna kuning pada makanan tersebut dapat digunakan dengan mencampurkan kulit dengan daun sambiloto kemudian ditumbuk hingga halus. Oleskan campuran yang telah halus tersebut di bagian yang gatal pada kulit.

Selain obat alami, terdapat obat gatal yang berupa salep atau krim yang dapat diaplikasikan langsung pada kulit. Untuk jangka pendek atau untuk mengatasi gatal sementara dapat menggunakan anestesi topikal dan salep serta lotion misalnya calamine. Krim kortikosteroid merupakan krim yang dapat berfungsi untuk mengatasi radang dan anti alergi yang dapat menghilangkan gatal. Krim ini hanya diperuntukkan untuk gatal yang terjadi di bagian tubuh tertentu misalnya di siku atau di lengan. Jika Anda menderita penyakit kulit seperti panu, Anda tidak dapat menggunakan obat ini dan sebaiknya penggunaannya sesuai dengan saran dokter. Caranya penggunaannya adalah dengan mengoleskannya di kulit yang gatal 3-4 kali dalam sehari.

Selain obat berupa krim, terdapat obat yang dapat diminum. Pertama adalah kortikosteroid oral yang memiliki cara kerja seperti krim kostikosteroid yaitu sebagai anti radang serta anti alergi. Penggunaan obat ini lebih diperuntukkan bagi Anda yang mengalami gatal di hampir seluruh tubuh. Cara penggunaannya yaitu dengan cara diminum namun agar aman dalam penggunaannya, Anda harus menggunakan saran dokter. Baik jenis krim kortikosteroid atau jenis kortiskosteroid oral, sebaiknya tidak digunakan tanpa menggunakan petunjuk dan pengawasan dari dokter ahli.

Kedua adalah Antihistamin oral yang juga termasuk sebagai obat gatal yang diminum. Fungsinya adalah untuk membantu menghambat zat yang menyebabkan gatal yaitu histamin. Salah satu contoh obat yang termasuk kategori ini adalah CTM. Selain dikenal sebagai obat yang memberikan rasa kantuk, penggunaan obat ini efektif untuk menghilangkan gatal jika diminum sesuai dosis yaitu 4 mg per 3-4 kali setiap hari. Selain CTM, Anda dapat menggunakan ceterizine dan loratadine. Penggunaan kombinasi antara kortikosteroid dan antihistamin oral lebih efektif untuk menghilangkan gatal namun penggunaan jenis kortikosteroid sebaiknya meminta petunjuk dokter untuk menghindari efek samping yang mungkin ditimbulkan.

Perawatan tubuh harus sangat diperhatikan, apalagi bagi wanita sangatlah penting karena kecantikan tubuh dan wajah adalah segalanya bagi kaum hawa.

NO COMMENTS

Tinggalkan Balasan