Peran Keluarga Dalam Pola Makan Yang Sehat

Peran Keluarga Dalam Pola Makan Yang Sehat

0 145

Jakarta – Peran keluarga sangat penting dalam menerapkan pola makan yang sehat dan benar. Hal ini terutama berlaku untuk para orangtua yang dapat memberikan contoh kepada buah hatinya.

Menurut Dr. dr. Inge Permadhi, MS, SpGK(K), Dokter Spesialis Gizi Klinik, terdapat empat kunci sukses peran keluarga dalam menjalankan pola hidup konsumsi makanan sehat. Penasaran seperti apa? Berikut adalah empat poin penting dari Dr. dr. Inge Permadhi, MS, SpGK(K), Dokter Spesialis Gizi Klinik saat ditemui di di acara SGM Nutriday Gerakan 7 Hari Minum Susu, Jakarta, Minggu (05/06/2016).

1. Orangtua sebagai contoh sejak dini. Bagaimana mungkin anak ingin makan sayur dan buah jika orang tua tidak mecontohkan. Begitu pula konsumsi susu. Jika orangtua dengan rutin konsumsi sayur dan buah serta susu, maka anak akan dengan terbiasa mencontoh gaya hidup sehat tersebut.

2. Mebiasakan untuk makan bersama seluruh keluarga. Anak – anak itu melihat dan mereka melihat contoh dengan baik. Komunikasi akan terjalin dengan cara makan bersama. Saat di meja makan, anak – anak bisa melihat orangtua ketika konsumsi makanan. Kuncinya adalah konsumsi makanan sehat.

3. Ketersediaan makanan sehat bergizi seimbang bagi seluruh keluarga. Terkadang, dirumah orangtua sering menyajikan makanan gorengan. Semua makanan disajikan dengan digoreng. Sebaiknya orangtua lebih menyediakan makanan yang sehat dan bergizi, misalnya dengan merebus makanan atau dengan cara dikukus.

4. Jangan lupa, konsumsi susu sebagai bagian dari gizi seimbang. Ini penting, karena susu menjadi salah satu sumber protein dan kalsium untuk tubuh.

Sumber: http://gayahidup.inilah.com

NO COMMENTS

Tinggalkan Balasan