Beranda Berita Peran Keluarga Sangat Penting Untuk Perbaikan Gizi

Peran Keluarga Sangat Penting Untuk Perbaikan Gizi

302
0

Jakarta – Masalah gizi masih menjadi hal yang belum terpecahkan. Peran keluarga dalam memperbaiki gizi sangat penting untuk pertumbuhan anggota keluarga yang lebih baik.

Saat ini, Indonesia masih menghadapi masalah gizi ganda, yaitu kekurangan dan kelebihan gizi pada semua kelompok usia. Menurut data Riskesdas 2013 mengungkapkan bahwa 6 persen balita mengalami kurang gizi sedangkan 37 persen balita dan 1 dari 3 sekitar 31 persen anak usia sekolah di Indonesia tergolong pendek (stunting) akibat dari kekurangan gizi menahun sehingga berisiko mengalami gangguan pertunbuhan dan perkembangan. Sementara pada usia produktif 45 persen wanita Indonesia mengalami Kurang Energi Kronis (KEK).

Prevalensi kelebihan gizi juga meningkat. Menurut data Riskesdas 2013 mengungkapkan bahwa angka overweight dan obesitas pria di Indonesia adalah 20 persen, sementara wanita sebesar 35 persen, naik dari sekitar 15 persen dan 26 persen, seperti data dari Riskesdas 2010.

Obesitas merupakan pintu masuk dari banyak penyakit degeneratif, seperti penyakit jantung, diabetes, kanker, atau stroke yang meningkatkan risiko kematian.

“Diperlukan peran keluarga dalam upaya untuk meningkatkan perbaikan gizi di Indonesia. Sebagai unit terkecil dari masyarakat, keluarga dapat berpengaruh sangat besar terhadap masing – masing anggotanya,” ungkap Dr. dr. Inge Permadhi, MS, SpGK(K), Dokter Spesialis Gizi Klinik saat ditemui di acara SGM Nutriday Gerakan 7 Hari Minum Susu, Jakarta, Minggu (05/06/2016).

Karena itu, masih menurutnya, keluarga di Indonesia diharapkan dapat menjadi Keluarga Sadar Gizi (Kadarzi) yang mampu mengenal, mencegah dan mengatasi masalah gizi setiap anggota keluarganya, sehingga tercapai keadaan gizi yang optimal untuk seluruh anggota keluarga.

Kadarzi adalah keluarga dengan perilaku gizi baik yang dicirikan dengan konsumsi makanan beraneka ragam dengan gizi yang baik dan seimbang. Aneka ragam makanan diperlukan karena tidak ada bahan makanan yang sempurna kandungan gizinya.

Konsumsi makanan beraneka ragam menjamin pemenuhan kebutuhan tubuh akan zat gizi seperti karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral.

“Sangatlah penting untuk mempertahankan pola makan yang baik berpedoman pada gizi seimbang. makanan beragam dan seimbang adalah pilihan makanan keluarga yang mengandung semua zat gizi yang diperlukan seluruh keluarga dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan masing – masing anggota keluarga,” tambahnya.

Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Artikel sebelumyaWujudkan Cita – Cita Anak Di Dunia Olahraga
Artikel berikutnya4 Sabun Muka Untuk Jerawat Terbaik di Pasaran

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here