Perkembangan Janin Usia 12 Minggu

    13
    0
    Perkembangan Janin Usia 12 Minggu

    Kehamilan merupakan suatu masa yang mengharuskan kita untuk ekstra hati-hati. Pasalnya, ibu hamil akan mengalami beberapa perubahan yang pastinya akan membuatnya sedikit tidak nyaman. Setiap minggu tumbuh kembang pada janin akan mengalami perkembangan yang signifikan. Misalnya saja pada masa kehamilan yang memasuki usia 12 minggu dimana pada masa ini embrio dalam rahim telah berkembang menjadi bakal janin.

    Pada kehamilan trimester pertama ini, ibu hamil bisa merasakan pergerakan halus janin dari dalam perutnya. Meskipun masih samar, anda akan bisa merasakannya jika memiliki kulit tipis. Pada masa ini, tugas utama ibu hamil adalah menjaga kesehatan janin yang ada di dalam rahim. Pasalnya usia ini merupakan usia rentan mengalami keguguran.

    Ada beberapa perkembangan janin yang wajib ibu hamil ketahui untuk selalu mengetahui dengan pasti apakah janin berkembang sesuai dengan usianya atau tidak. Selain untuk mengetahuinya dengan pasti, anda juga bisa mengerti kondisi dimana ibu hamil harus segera mendapatkan penanganan medis. Berikut perkembangan janin usia 3 bulan yang wajib diketahui.

    1. Janin sudah memiliki 32 bakal gigi permanen.
    2. Memiliki wajah yang sudah dilengkapi dengan mulut, mata, hidung dan juga organ lainnya.
    3. Pada usia ini janin sudah memiliki jari kecil lengkap dengan kuku, baik itu jari tanganmaupun jari kaki.
    4. Tulang bayi sudah terbentuk dengan sempurna. Bukan hanya itu otot janin pun sudah mulai terbentuk.
    5. Otak dan syaraf pada janin mulai difungsikan sehingga mampu melakukan pergerakan kecil.

    Tumbuh kembang janin pada usia 12 minggu ini sudah mencapai 3,5 inci. Dengan perkembangan yang mulai terlihat, bisa dipastikann jika ibu hamil wajib menjaga kesehatan tubuh. Hal ini sangat diperlukan guna menjaga pertumbuhan bayi agar bisa berkembang sempurna dan terhindar dari risiko bayi lahir cacat.

    Seputar Kehamilan trimester pertama memang dikenal sangat menguras banyak sekali waktu, tenaga, dan pikiran. Pasalnya pada usia ini, ibu hamil memiliki kondisi tubuh dengan sistem imun yang menurun sehingga sangat mudah terserang penyakit. Saat kesehatan ibu hamil terganggu, maka secara otomatis tumbuh kembang janin juga akan ikut terganggu. Pastikan selalu untuk menjaga kesehatan ibu hamil agar kehamilan bisa berjalan dengan lancar sampai proses persalinan.

    Artikel sebelumyaBagaimana Cara Terbaik Mencuci Baju Bayi?
    Artikel berikutnyaCan’t make heads or tails of, Idiom yang Perlu Kamu Pahami Jika Ingin Terlihat Mahir Berbahasa Inggris

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here