Beranda Berita Sehari Minimal Konsumsi 5 – 8 Porsi Sayur Dan Buah

Sehari Minimal Konsumsi 5 – 8 Porsi Sayur Dan Buah

217
0

Jakarta – Asupan makanan sehat harus seimbang. Agar tubuh tetap fit dan sehat, dibutuhkan 5 – 8 porsi dalam sehari konsumsi sayur dan buah.

Menurut Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MSc. MS. Sp.GK, Kepala Departemen Gizi RSCM dan dokter spesialis gizi klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia menjelaskan, bahwa di Indonesia jika dibandingkan dengan negara ASIA lainnya adalah negara yang paling sedikit konsumsi buah dan sayur.

“Faktanya, sebanyak 93,6 persen penduduk Indonesia berusia di atas 10 tahun masuk dalam kategori kurang makan sayur dan buah. Hal ini sesuai dengan data dari Riskesdas 2013,” kata Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MSc. MS. Sp.GK, Kepala Departemen Gizi RSCM dan dokter spesialis gizi klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia saat ditemui di acara Awali dengan buah kiwi Zespri, Jakarta, Rabu (25/05/2016).

Lebih lanjut dia menambahkan, jika masyarakat kurang konsumsi buah dan sayur, hal ini akan mengakibatkan meningkatkan risiko terkena penyakit menular seperti diabetes tipe 2 dan kanker usus besar. Untuk itu, masyarakat harus benar – benar tepat dalam memilih untuk konsumsi buah dan sayur.

Penyakit tidak menular kini banyak diderita oleh kaum urban dan mulai dari usia muda. Padahal, kebanyakan penyakit tidak menular dapat dicegah dengan perubahan pola makan dan gaya hidup. Salah satunya dengan rutin dan memperbanyak konsumsi sayur dan buah.

“Carilah buah dan sayur yang memiliki kandungan serat, nutrisi, vitamin yang cukup. Salah satunya bisa konsumsi kiwi. Karena kiwi mengandung vitamin E, vitamin C, dan nutrisi, serta serat yang tinggi. Akhirnya kita mendapatkan desitas nutrien dan index glisemik,” tambahnya.

Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Artikel sebelumyaGaya Hidup Sehat Cegah Obesitas Karyawan
Artikel berikutnyaBeragam Makanan Untuk Tingkatkan Mood

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here