Beranda Berita Sering Buang Air Kecil? Waspada Diabetes Mellitus

Sering Buang Air Kecil? Waspada Diabetes Mellitus

170
0

DIABETES Mellitus atau yang lebih sering kita kenal sebagai penyakit gula, merupakan penyakit yang disebabkan oleh gangguan pada fungsi pankreas yang tidak dapat memproduksi insulin dalam jumlah memadai, atau karena sel tubuh gagal merespons insulin dengan baik.

Insulin sendiri merupakan hormon yang membantu sel tubuh untuk menyerap glukosa (gula) sehingga bisa dipergunakan sebagai sumber energi.

Nah, pada penderita diabetes, kadar glukosa meningkat di dalam darah dan juga di air kencing. Akibatnya, penderita sering buang air kecil, selalu merasa haus, lapar, dan sering mengalami gangguan sekresi lemak dan protein.

Seperti yang kita ketahui, glukosa merupakan monosakarida karbon 6 hasil sintesis karbohidrat yang menjadi bahan bakar utama bagi semua sel tubuh.

Ada dua macam diabetes mellitus, yaitu diabetes mellitus yang penyembuhannya bergantung pada penyuntikan insulin (IDDM insulin dependent diabetes mellitus ) dan yang kedua adalah diabetes mellitus yang tidak bergantung pada insulin (NIDDM non insulin dependent diabetes mellitus).

Orang dengan diabetes mellitus biasanya memiliki masalah pencernaan, terutama dalam proses sekresi karbohidrat, lemak, dan tidak adanya keseimbangan antara unsur air dan garam-garam mineral yang berpengaruh untuk jangka waktu yang lama (berapa tahun) terhadap sebagian besar anggota tubuh, terutama sistem saraf, ginjal dan juga mata.

Penyembuhan diabetes mellitus biasanya dilakukan dengan menjaga pola makan sehingga penderita tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak gula dan yang dapat meningkatkan produksi hormon insulin dalam pankreas.

Jadi, untuk menghindari atau mengurangi risiko dari penyakit diabetes mellitus, mulai hari konsumsilah makanan sehat yang rendah kandungan gula. Segera konsultasi dengan dokter, jika mengalami gejala-gejala dari panyakit ini. Selamat sehat..

* Chairunnisa Dhiee, Relawan Kesehatan RS Ibnu Sina, Jakarta.

Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Artikel sebelumyaKemudahan Belanja Hijab Di Hijup.com
Artikel berikutnyaCara Mengurangi Rambut Rontok Secara Alami

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here