Beranda Berita Smartphone Penyebab Kurang Fokus?

Smartphone Penyebab Kurang Fokus?

237
0

JIKA ada yang tertinggal antara dompet dan ponsel, mana yang akan Anda pilih? Bagi sebagian besar masyarakat masa kini, mungkin lebih baik ketinggalan dompet daripada ketinggalan ponsel.

Sulit dipungkiri bahwa saat ini masyarakat sudah sangat bergantung dengan keberadaan ponsel. Seolah-olah, tanpa ponsel kehidupan mereka akan sulit.

Setiap perkembangan teknologi selalu memiliki sisi positif dan negatif, termasuk ponsel atau smartphone. Banyak hal positif yang diperoleh, tapi ada juga hal negatif yang diterima. Mungkin Anda pernah mendapati seseorang menabrak pintu kaca saat sedang melihat smartphone di tangannya. Ini adalah fakta sederhana dari sisi negatif smartphone: kurang fokus.

Melansir laman dailymail.co.uk, Dr Kostadin Kushlev, seorang psikolog dari University of Virginia menyampaikan bahwa penggunaan smartphone yang berlebihan dapat menyebabkan seseorang gagal fokus. Kondisi lebih buruk dapat terjadi jika seseorang merasa tidak bisa hidup dengan smartphone, yang merupakan gejala dari ADHD atau Attention Deficit Hyperactivity Disorder. ADHD merupakan peningkatan aktivitas motorik otak yang menyebabkan seseorang beraktivitas secara berlebihan.

ADHD memiliki gejala seperti perasaan gelisah, tidak fokus, tidak bisa diam, duduk tidak tenang, emosi meletup-letup, sampai melakukan sesuatu yang tidak menyenangkan untuk orang lain. Penggunaan smartphone yang berlebihan tidak hanya memicu ADHD, tetapi juga bisa berdampak pada hubungan sosial seseorang dengan lingkungan di sekitarnya, seperti keluarga dan teman.

Penelitian yang dilakukan terhadap 221 mahasiswa di University of British menemukan bahwa mereka yang sangat bergantung dengan smartphone memperlihatkan gejala ADHD. Sementara mereka yang hanya menggunakan smartphone sesuai kebutuhan memperlihatkan kesehatan fisik dan psikis yang lebih baik. Mereka memiliki emosi yang stabil, sabar, dan memiliki kemampuan bersosialisasi.

Para peneliti juga mengungkap bahwa radiasi dan cahaya dari smarphone memiliki dampak buruk pada kesehatan fisik dan psikis, serta membuat otak tidak bisa bekerja dengan fokus. Karena itu, langkah tepat untuk menghindarinya adalah mengurangi intensitas penggunaan smartphone, sehingga kita tidak akan merasa candu.

* An Nisaa Gettar, Relawan Kesehatan RS Ibnu Sina, Jakarta.

Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Artikel sebelumya5 Cara Agar Tidak Keliru Memilih Warna Saat Belanja di Toko Jual Sepatu Kets Langganan
Artikel berikutnyaPentingnya Edukasi Diabetes Untuk Masyarakat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here