Tekan Biaya Operasonal, Yuk Lakukan Efisiensi Listrik!

    11
    0
    Tekan Biaya Operasonal, Yuk Lakukan Efisiensi Listrik!

    Lisrik dan sektor industri merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Motor dari sebuah industri adalah energi listrik, ketiadaan energi ini tentunya akan menghambat aktivitas produksi dari suatu Industri. Ketiadaan produksi artinya kepincangan ekonomi dalam negeri. Industri dan tingkat konsumsi energi listrik dapat dijadikan indikator pertumbuhan suatu bidang idustri, karena produksi yang meningkat sudah barang tentu berbanding lurus dengan tingkat konsumsi energi mengingat seluruh mesin-mesin manufaktur digerakkan oleh energi listrik.

    Walaupun tingkat konsumsi energi listrik menggambarkan tingkat pertumbuhan industri, bukan berarti, industri bebas dalam menghambur-hamburkan energi listrik. Energi listrik harus digunakan secara bijak baik itu oleh kalangan industri besar ataupun rumah tangga. Efisiensi energi istrik dapat dilakukan dari hal yang kecil seperti dengan memanfaatkan cahaya alami (sinar matahari) untuk pasokan penerangan ruangan yang terjangkau oleh sinar matahari di siang hari. Faktor pencahayaan yang tidak bergitu erat kaitannya dengan bidang produksi dapat diatur sedimikian rupa sehingga diperoleh kondisi optimal.

    Selain pencahayaan, efisiensi energi dari bidang industri dapat diperoleh dengan pengecekan instalasi listrik dan mesin operasional secara berkala. Pengecekan rutin ini tidak hanya akan mengoptimalkan daya yang digunakan, namun dapat menekan resiko kerusakan pabrik karena tidak berfungsinya suatu komponen produksi dan dapat menekan resiko korsleting listrik yang tentu saja sangat berbahaya bagi pekerja. Sebagain besar kasus kebakaran selalu melibatkan korsleting arus akibat instalasi listrik yang buruk.

    Pengecekan kelistrikan secara berkala ini dapat dilakukan dengan menggandeng pihak ketiga, salah satu perusahaan yang berpengalaman baik dalam bidang ini adalah PT Sumberdaya Sewatama. Selain pengecekan kelistrikan, Sewatama pun memberikan servis atau pelayanan dari mulai dari instalasi generator kelistrikan hingga pemasangan perangkat load bank, bahkan menyediakan jasa konsultasi gratis untuk masalah efisiensi energi pada industri. Instalasi listrik yang tepat dapat mengoptimalkan daya listrik industri sehingga biaya operasional listrik dapat ditekan. Penekanan biaya operasional yang terkait dengan efisiensi ini dijawab Sewatama dengan menyediakan perangkat load bank terbaik yang digunakan untuk mengembangkan beban listrik, sehingga beban operasional lebih tersistem dan efisiensi penggunaan daya pun dapat tercapai secara optimal.

    Artikel sebelumyaMengentaskan Gizi Buruk Anak Indonesia Secara Bersama-sama
    Artikel berikutnyaTips Agar Kondisi Keuangan Keluarga Anda Bisa Lebih Terjamin

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here