Beranda Berita Tips Kondisi Tubuh Tetap Baik Saat Puasa

Tips Kondisi Tubuh Tetap Baik Saat Puasa

187
0

BERPUASA sambil tetap bekerja menjadi tantangan selama bulan Ramadhan. Kita dituntut untuk tetap sehat dan semangat bekerja meski sedang puasa. Kuncinya, menerapkan pola makan yang baik saat sahur dan berbuka puasa.

Kita harus menyiapkan strategi dengan pola makan pas sahur. Sehingga sepanjang siang akan merasakan puasa dengan penuh kesegaran. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membantu tubuh tetap sehat saat puasa.

1. Makan sahur di akhir waktu Imsak

Kita memiliki kesempatan mengatur pola makan saat makan sahur. Usahakan makan sahur di akhir waktu sebelum datang waktu imsak. Mengakhirkan waktu sahur bisa menambahkan kekuatan bagi orang yang berpuasa. Bila seseorang makan sahur terlalu awal, akan menyebabkan seseorang lebih cepat merasa lapar, dahaga dan mungkin juga keletihan pada siang harinya.

Saat sahur dapat mengatur pola makan dengan menjaga porsi makanan yang normal saja. Pilihlah makanan yang banyak mengandung karbohirat kompleks, protein, buah dan sayuran. Selain itu perbanyak makanan yang mengandung air untuk menjaga tubuh kita tetap fit sepanjang hari.

2. Makan normal

Selama menjalani puasa di siang hari, usahakan untuk menghindari terik matahari secara langsung. Apabila terpaksa berada di terik matahari maka usahakan jangan lama-lama beraktivitas di luar ruangan. Hal ini dilakukan untuk menghindari dehidrasi.

3. Hindari terik matahari langsung

Menjelang berbuka puasa di sore hari bila ada kesempatan sebaiknya meluangkan waktu untuk berolahraga. Lakukan olahraga setidaknya 1 jam atau 30 menit menjelang waktu berbuka. Pilihlah jenis olah raga yang tidak terlalu menguras tenaga seperti jalan santai, bersepeda ria maupun yoga. Olah raga sore hari bertujuan supaya badan tetap segar dengan peredaran darah yang lancar.

4. Berolahraga

Menu makanan saat berbuka puasa pilihlah jenis makanan yang berserat dan hindari makanan yang banyak mengandung minyak. Bila gemar jenis makanan gorengan, nimatilah secukupnya saja.

Sangat dianjurkan berbuka dengan yang manis baik dari minuman maupun dari buah seperti kurma maupun jus buah. Porsi minum juga harus diperhatikan supaya dapat mengganti cairan tubuh yang hilang saat menjalankan ibadah puasa.

5. Menu berbuka Pilih makanan berserat

Perhatian makanan saat sahur agar bisa mencukupi kebutuhan nutrisi sepanjang hari. Biasakan untuk mengakhiri sahur dengan melengkapinya dengan minum segelas susu. Manfaatnya untuk memberikan stamina tambahan saat berpuasa di siang hari. Pilihlah susu yang memiliki kandungan lengkap dengan kemurniannya yang terbaik. Namun jangan lupa untuk memperbanyak minum air putih.

Itulah lima tips yang bisa membantu kita menjaga tubuh selama berpuasa. Dengan menjalaninya, kita pun bisa tetap aktif dan semangat bekerja meski tengah menahan lapar serta haus. Jangan lupa, Minum 1 kaleng BEAR BRAND saat sahur. Sahur dengan yang baik untuk puasamu yang penuh kebaikan.

Semoga tips ini bisa membantu Anda yang sedang menjalankan ibadah puasa sepanjang hari di bulan suci Ramadhan ini. [adv]

Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Artikel sebelumyaCara-Cara Untuk Menghilangkan Ketombe pada Rambut
Artikel berikutnyaKeajaiban, Khasiat dan Manfaat Air Putih Bagi Manusia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here