Beranda Berita Vitamin D Cegah Kegemukan Balita

Vitamin D Cegah Kegemukan Balita

206
0

HASIL studi baru menunjukkan bahwa suplemen vitamin D dapat melakukan lebih dari sekedar membantu bayi dan balita mengembangkan tulang yang kuat. Sekarang para ahli telah menemukan bahwa vitamin D dapat membantu mencegah balita kelebihan berat badan, penemuan penting mengingat meningkatnya tingkat obesitas saat ini.

Penelitian sebelumnya telah menyarankan bahwa vitamin D dapat berperan dalam membantu dengan penurunan berat badan. Saat ini tim dari McGill University telah menemukan bahwa suplemen vitamin D selama tahun pertama kehidupan dapat menyebabkan anak memiliki lebih sedikit lemak tubuh dan massa otot lebih sebagai balita.

Temuan ini adalah kejutan, karena para peneliti telah ditetapkan untuk mengevaluasi pentingnya nutrisi untuk kepadatan tulang, seperti dilansir Emaxhealth.com, Rabu (10/5/2016).

Ketika para peneliti menggunakan scan tubuh untuk mengukur kepadatan tulang, mereka juga menggunakan itu untuk menilai masa lemak dan otot anak-anak. Penemuan pertama kalinya telah dikaitkan dengan adanya status vitamin D yang sehat selama tiga tahun pertama kehidupan anak dan perkembangan massa otot.

Data dikumpulkan selama jangka panjang tindak lanjut dari studi suplementasi vitamin D di mana bayi diberi salah satu dari empat dosis yang berbeda (400, 800, 1.200, atau 1.600 International Unit) antara 1 dan 12 bulan. Para peneliti menemukan:

1. Komposisi tubuh anak-anak di 36 bulan adalah serupa, terlepas dari dosis vitamin D telah diberikan selama tahun pertama kehidupan.

2. Anak-anak yang lebih aktif secara fisik (dinilai oleh orang tua mereka) juga yang lebih ramping daripada anak-anak yang kurang aktif.

Dengan demikian para peneliti menyimpulkan status vitamin D dan tingkat aktifitas fisik dapat membantu komposisi tubuh yang lebih ramping pada anak usia 3 tahun. Tetap perlu diingat untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter anak Anda. Asupan vitamin D tidak hanya untuk kesehatan tulang, tetapi untuk membantu mencegah anak-anak kelebihan berat badan. Selamat sehat.

* Chairunnisa Dhiee, Relawan Kesehatan RSIbnu Sina, Jakarta.

Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Artikel sebelumyaMakanan yang Bisa Menimbulkan Diabetes
Artikel berikutnyaRFID Changing the Landscape of Live Event

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here